FITRIYANI, MELINDA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DI KOBER TERATE CEMERLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DI KOBER TER.PDF Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Melinda Fitriyani (2221131500). “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pembelajaran Outdoor di Kober Terate Cemerlang”. Pembimbing I Prof. Dr. Sudadio, M.Pd Pembimbing II Ahmad Fauzi, M.Pd Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya kreativitas anak usia dini di Kelompok Bermain Terate Cemerlang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran outdoor di Kelompok Bermain Terate Cemerlang (2) Apa saja bentuk kegiatan pembelajaran outdoor untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini di Kelompok bermain Terate Cemerlang (3) Bagaimana hasil upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran outdoor di kelompok bermain Terate Cemerlang. Penelitian ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ialah peserta didik di Kober Terate Cemerlang kelas A sebanyak 18 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi cheklist dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: (1) Upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini. Pada siklus I menujukan hasil peningkatan. pada siklus II peningkatan kreativitas sebesar 45% mendapat kriteria bintang empat itu artinya kegiatan pembelajaran outdoor pada anak usia dini dinyatakan berhasil. (2) Bentuk kegiatan pembelajaran outdoor untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dilakukan sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan oleh pihak kober. Pada siklus I kegiatan berlangsung dengan baik hanya saja hasilnya belum maksimal karna ada beberapa yang harus di perbaiki. Pelaksanaan siklus II dengan bentuk kegiatan pembelajaran outdoor yang menarik membuat anak mengeluarkan kemampuannya sehingga anak dapat meningkatkan kreativitasnya melalui kegiatan pembelajaran yang bervariasi. (3) Hasil upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini di kober terate cemerlang pada siklus I dan siklus II kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor pada anak terjadi peningkatan, maka dari itu dengan adanya variasi didalam pembelajaran akan membantu meningkatkan potensi yang dimiliki oleh anak.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Melinda Fitriyani (2221131500). “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pembelajaran Outdoor di Kober Terate Cemerlang”. Pembimbing I Prof. Dr. Sudadio, M.Pd Pembimbing II Ahmad Fauzi, M.Pd Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya kreativitas anak usia dini di Kelompok Bermain Terate Cemerlang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran outdoor di Kelompok Bermain Terate Cemerlang (2) Apa saja bentuk kegiatan pembelajaran outdoor untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini di Kelompok bermain Terate Cemerlang (3) Bagaimana hasil upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran outdoor di kelompok bermain Terate Cemerlang. Penelitian ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ialah peserta didik di Kober Terate Cemerlang kelas A sebanyak 18 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi cheklist dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: (1) Upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini. Pada siklus I menujukan hasil peningkatan. pada siklus II peningkatan kreativitas sebesar 45% mendapat kriteria bintang empat itu artinya kegiatan pembelajaran outdoor pada anak usia dini dinyatakan berhasil. (2) Bentuk kegiatan pembelajaran outdoor untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dilakukan sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan oleh pihak kober. Pada siklus I kegiatan berlangsung dengan baik hanya saja hasilnya belum maksimal karna ada beberapa yang harus di perbaiki. Pelaksanaan siklus II dengan bentuk kegiatan pembelajaran outdoor yang menarik membuat anak mengeluarkan kemampuannya sehingga anak dapat meningkatkan kreativitasnya melalui kegiatan pembelajaran yang bervariasi. (3) Hasil upaya meningkatkan kreativitas anak usia dini di kober terate cemerlang pada siklus I dan siklus II kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor pada anak terjadi peningkatan, maka dari itu dengan adanya variasi didalam pembelajaran akan membantu meningkatkan potensi yang dimiliki oleh anak. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2021 11:22 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2021 11:22 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7783 |
Actions (login required)
View Item |