JULYANTO, TRI (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DAN METODE CERAMAH PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PERBEDAAN PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DAN METODE CERAMAH PADA .PDF Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
This research is aimed to find out the differences of students improvement in understanding and the student understanding with any method higher by using simulation method on the subjects of Social Sciences class V on the material of economic activities in Indonesia . This method used was quasi-experiments conducted on students of class V SDN Banjar Agung 4 Serang city 2015/2016 school year. In this study, class V A as an control class and class V B as the experimental class. The results were obtained from the inferential test of the hypothesis. From the results of different test values of both classes at significant level = 0.05 obtained thitung > ttabel is 10,66 > 2.0057 then H0 is rejected Ha accepted. Investigators also obtained the right to test the obtained thitung > ttabel is 10,66 > 1.67 then H0 is rejected Ha accepted. And then for the result of N-Gain test for class control obtained 0,22 < 0,30 it can be categorized low and for class experimen obtain 0,54 < 0,55 it can be categorized moderate.Then can be concludid that is the difference of students improvement in understanding material by using simulation method and lecture method is different significant and students Understanding who used the simulation method is higher than students who used the lecture method. Judging from the percentage of student activity observation as a whole possesses the criteria very well, good and enough so that it can be concluded that students in the experimental class were actively involved in the learning process.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman siswa dan pemahaman siswa dengan metode apa yang lebih tinggi dengan menggunakan metode Simulsi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V pada materi kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Banjar Agung 4 Kota Serang tahun ajaran 2015/2016. Pada penelitian ini, kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,66 > 2,0057 maka H0 ditolak Ha diterima. Peneliti juga melakukan uji pihak kanan diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,66 > 1,67 maka H0 ditolak Ha diterima. Sedangkan dilihat dari hasil uji N-Gain maka diperoleh hasil pada kelas kontrol adalah 0,22 < 0,30 maka dapat dikategorikan rendah sedangkan untuk kelas eksperimen memperoleh hasil 0,54 < 0,55 maka dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman siswa yang menggunakan metode simulasi dengan yang menggunakan metode ceramah serta pemahaman siswa yang menggunakan metode simulasi lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan metode ceramah. Dilihat dari persentase hasil observasi aktivitas siswa secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik, baik dan cukup sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas eksperimen terlibat aktif dalam proses pembelajaran. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2021 09:30 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2021 09:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7711 |
Actions (login required)
View Item |