Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM TAN MALAKA KABUPATEN TANGERANG

Yuni Astuti, Indah (2017) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM TAN MALAKA KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESE.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah perbedaan motivasi belajar warga belajar perempuan dan lakilaki dalam mengikuti kesetaraan paket C diantaranya : (1) Bagaimana motivasi belajar warga belajar antara perempuan dan laki-laki dalam mengikuti belajar pendidikan kesetaraan paket Cdi PKBM Tan Malaka Kabupaten Tangerang ? (2) Bagaimana perbedaan motivasi belajar warga belajar antara perempuan dan laki-laki di PKBM Tan Malaka Kabuapten Tangerang (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi belajar warga belajar perempuan dan laki-laki dalam mengikuti kesetaraan paket C di PKBM Tan Malaka Kabupaten Tangerang ?. Untuk membahas masalah dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada landasan teori yang relevan seperti menjelaskan tentang. (1) Konsep pendidikan Luar Sekolah, (2) Motivasi, (3) Belajar, (4) Warga belajar terdiri dari warga belajar perempuan dan laki-laki, (5) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), (6) Pendidikan Kesetaraan,(7)Program paket C. Dengan demikian, peneliti memiliki pijakan dan dasar-dasar teori yang memadai untuk menjawab permasalahan secara rinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta beberapa catatan lapangan. Sumber data penelitian ini yaitu warga belajar paket C PKBM Tan Malaka,Tutor dan pengelola, serta informasi lain yang relevan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi antara warga belajar perempuan dan laki – laki serta faktor – faktor pendukung dan penghambatnya. Motivasi warga belajar perempuan lebih tinggi daripada warga belajar laki – laki. Warga belajar perempuan memiliki motivasi secara internal dan eksternal sedangkan warga belajar laki – laki memiliki motivasi secara eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, SudadioUNSPECIFIED
Thesis advisorSholih, SholihUNSPECIFIED
Additional Information: Fokus penelitian ini adalah perbedaan motivasi belajar warga belajar perempuan dan lakilaki dalam mengikuti kesetaraan paket C diantaranya : (1) Bagaimana motivasi belajar warga belajar antara perempuan dan laki-laki dalam mengikuti belajar pendidikan kesetaraan paket Cdi PKBM Tan Malaka Kabupaten Tangerang ? (2) Bagaimana perbedaan motivasi belajar warga belajar antara perempuan dan laki-laki di PKBM Tan Malaka Kabuapten Tangerang (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi belajar warga belajar perempuan dan laki-laki dalam mengikuti kesetaraan paket C di PKBM Tan Malaka Kabupaten Tangerang ?. Untuk membahas masalah dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada landasan teori yang relevan seperti menjelaskan tentang. (1) Konsep pendidikan Luar Sekolah, (2) Motivasi, (3) Belajar, (4) Warga belajar terdiri dari warga belajar perempuan dan laki-laki, (5) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), (6) Pendidikan Kesetaraan,(7)Program paket C. Dengan demikian, peneliti memiliki pijakan dan dasar-dasar teori yang memadai untuk menjawab permasalahan secara rinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta beberapa catatan lapangan. Sumber data penelitian ini yaitu warga belajar paket C PKBM Tan Malaka,Tutor dan pengelola, serta informasi lain yang relevan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan motivasi antara warga belajar perempuan dan laki – laki serta faktor – faktor pendukung dan penghambatnya. Motivasi warga belajar perempuan lebih tinggi daripada warga belajar laki – laki. Warga belajar perempuan memiliki motivasi secara internal dan eksternal sedangkan warga belajar laki – laki memiliki motivasi secara eksternal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Nov 2021 09:27
Last Modified: 18 Nov 2021 09:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7709

Actions (login required)

View Item View Item