Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN HIDUPNYA ANTARA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE CERAMAH DI SEKOLAH DASAR

Setiawan, Ridwan (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN HIDUPNYA ANTARA METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE CERAMAH DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN HIDUPNYA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

This research is aimed to find out the differences of study result, study result with any method higher, and the activity of students in the learning process by using a model of Problem Based Learning on the subjects of Natural Sciences class VI on the material nature of events in Indonesia. This method used was quasi-experiments conducted on students of class V SDN Panancangan 3 Serang city 2016/2017 school year. In this study, class VI B as an experimental class and class VI A as the control class. The results were obtained from the inferential test of the hypothesis. From the results of different test values of both classes at significant level = 0.05 obtained thitung > ttabel is 2,10 > 2.02 then H0 is rejected Ha accepted. Investigators also obtained the right to test the obtained thitung > ttabel is 3,62 > 1,68 then H0 is rejected Ha accepted. Then can be concludid that study result towards the students of subject of natural class use the method of problem solving and the method of lecture is different significant and study result of students who used the method of Problem solving is higher than students who used the method of lecture. Judging from the percentage of student activity observation as a whole possesses the criteria very well, good and enough so that it can be concluded that students in the experimental class were actively involved in the learning process.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa dengan metode apa yang lebih tinggi, dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan metode Problem solving pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI pada materi peristiwa alam di Indonesia. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VI SDN Panancangan 3 Kota Serang tahun ajaran 2016/2017. Pada penelitian ini, kelas VI B sebagai kelas eksperimen dan kelas VI A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh dari uji inferensial terhadap hipotesis. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,10 > 2,02 maka H0 ditolak Ha diterima. Peneliti juga melakukan uji pihak kanan diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,62 > 1,68 maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode Problem solving dengan yang menggunakan metode ceramah, serta hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode Problem solving lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode ceramah. Dilihat dari persentase hasil observasi aktivitas siswa secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik, baik dan cukup sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas eksperimen terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Nov 2021 09:22
Last Modified: 18 Nov 2021 09:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7706

Actions (login required)

View Item View Item