Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR TRILINGUAL SEBAGAI SARANA LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Umyati, Rita and Yuliana, Rina and Rosidin, Odien (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR TRILINGUAL SEBAGAI SARANA LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10 (5). ISSN 2303-1514

[img] Text
Artikel Unri 1_Okt 2021.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media buku pintar trilingual, untuk mengetahui kelayakan media buku pintar trilingual, dan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap media buku pintar trilingual. Penelitian ini dilakukan dengan sampel penelitian peserta didik kelas III sekolah dasar sejumlah 10 orang pada uji coba terbatas. Jenis penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari enam tahap, yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi produk oleh dosen ahli dan lembar angket untuk respons peserta didik. Berdasarkan analisis data, kualitas buku pintar trilingual yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan persentase 91% dari dua ahli media, kategori sangat layak dengan persentase 92% dari dua ahli materi, dan kategori layak dengan persentase 80% dari dua ahli bahasa. Respons peserta didik terhadap buku pintar trilingual pada uji coba dengan 10 responden sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku pintar trilingual layak digunakan sebagai salah satu sarana literasi baca tulis untuk siswa kelas III sekolah dasar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M.Pd Rina Yuliana
Date Deposited: 13 Jul 2022 12:20
Last Modified: 13 Jul 2022 12:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7694

Actions (login required)

View Item View Item