Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR PANAS CISOLONG KABUPATEN PANDEGLANG

Nuraida, Anisa (2017) MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR PANAS CISOLONG KABUPATEN PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Anisa Nuraida 2017)
MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR PANAS CISOLONG KABUPATEN PANDEGLANG - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anisa Nuraida. NIM 6661102254. 2016. Manajemen Strategi Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Cisolong Kabupaten Pandeglang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Ipah Ema Jumiati, S.Ip., M.Si. dan Pembimbing II: Riny Handayani, S.Si., M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi kurang tersedianya sarana dan prasarana, Persaingan dengan pihak swasta, Kurangnya Sumber Daya Manusia yang berbasis kepariwisataan. Lokasi pemandian ini terletak di Kampung Cisolong, Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang Banten. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana Manajemen Strategi Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Cisolong Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan teori manajemen Stategi dari Fred R david (2004). Dengan teknik analisis Strengths, Weaknes, Opportunities, Treaths. dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cisolong memiliki kekuatan dalam hal pemanfaatan kekayaan alam yang ada, sumber mata air panas menjadi objek wisata Air Panas Cisolong. Sedangkan Kelemahannya yaitu adalah Kurang tersediannya permainan untuk anak-anak, pihak swasta yang memiliki fasilitas permainan yang lebih lengkap, selain itu Kondisi Sumber Daya manusia di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang masih rendah secara kualitas dan kuantitas sehingga dapat berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian sasaran organisasi. Peluang objek wisata Air Panas Cisolong untuk Kabupaten Pandeglang yaitu membuka lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar objek wisata Air Panas Cisolong. Persaingan dengan pihak swasta dalam Pengelolaan Objek Wisata Air Panas Cisolong Kabupaten Pandeglang menjadi ancaman dalam persaingan pariwisata karna letak objek wisata Air Panas Cisolong dengan pihak swasta sangat dekat. Saran penelitian ini yaitu (1), memanfaatkan kekayaan alam secara optimal (2) objek wisata digelola oleh sumber daya manusia yang berkompenten (3) membuka lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar objek wisata (4) memperbaiki fasilitas yang kurang secara optimal. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Objek Wisata.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Anisa Nuraida. NIM 6661102254. 2016, Management Strategy Attractions Hot Cisolong Pandeglang. Study Program of Public Administration. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Preceptor I: Ipah Ema Jumiati, S.Ip, M.Si. dan Preceptor II: Riny Handayani, S.Si, M.Si The background of the lack of availability of research facilities and infrastructure, competition with the private sector, the lack of human resource based tourism. location of these baths is located in village Cisolong, Sukamanah Village, District Kadu Hejo, Pandeglang, Banten. Formulation of the problem of this research is how the Management strategy to manage the Attraction of Hot water Cisolong Pandeglang district. This study uses the theory of Strategy management Fred R David (2004). Analysis techinique Strengths, Weaknes, Opportunities, Treaths. with descriptive qualitative method. Research shows that Cisolong have the power in the utilization of natural wealth, the source of Hot springths as a tourist attraction Cisolong hot water. While its drawback is the lack of availability of games for children, private parties to produce a game that is more complete, in addition to the condition of Human resource department of tourism of youth and sports districts Pandeglang still low in quality and quantity that can affect the success in achieving the organization's objectives. Attraction opportunities Cisolong Hot water for Pandeglang district of job opportunities for residents in the surrounding attractions Cisolong Hot water. Competition in the private sector in the management of the Hot Attractions Cisolong Pandeglang district Cisolong be a threat to competition because the location of the tourism attractions of Hot Cisolong with private pihah very close. Suggestion of this study are (1), optimally utilize natural resources (2) attractions managed by the human resources highly competent (3) creating jobs for residents in the vicinity of the object (4) repair of facilities that are optimally. Keywords: Strategy Management, Attractions.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 03 Mar 2017 09:11
Last Modified: 03 Mar 2017 09:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item