Lindawati, Yustika Irfani and Nurmaulida, Nisa (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP GROUP DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12 (2). pp. 88-93. ISSN 2715-1247
Text
46934-75676647893-2-PB_Nisa.pdf Download (175kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mendorong banyak sekolah untuk berinovasi agar dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, termasuk melalui penggunaan media online selama PJJ. Berdasarkan fenomena tersebut, maka disusunlah penelitian untuk mengetahui efektifitas penggunaan media WAG dan google classroom pada PJJ di MTsN 3 Serang. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif yang menitikberatkan pada evaluasi proses pembelajaran yang telah berlangsung. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang merupakan siswa kelas IX F. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dengan penyajian data dalam bentuk diagram dan narasi deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa siswa menganggap bahwa dengan menggunakan media WAG dan Google Classroom pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan. Menurut responden, agar pembelajaran jarak jauh berjalan lebih efektif, guru perlu 1) melakukan pembelajaran dengan video call seperti Gmeet / Zoom meeting, 2) memberikan materi yang ringkas dan mudah dipahami, 3) memberikan materi sebelum memberikan tugas, 4 ) memberi tugas yang mengikuti materi yang disajikan, dan 5) tidak membebani siswa.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi | |||||||||
Depositing User: | Yustika Irfani Lindawati | |||||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2022 11:54 | |||||||||
Last Modified: | 13 Jul 2022 11:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7635 |
Actions (login required)
View Item |