Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING-WEB UNTUK KONSTRUKSI KONSEPSI PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR

KHOFIYA, NIDAAN (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING-WEB UNTUK KONSTRUKSI KONSEPSI PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING-WEB UNTUK KONSTRUKSI KONSEPSI PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR.pdf

Download (14MB)

Abstract

This study aims to develop an ISpring-web-based interactive learning media for constructing conception on the concept of heat transfer. The background of this study is the lack of instructional media used by educators in the learning process and the difficulty of educators to create interactive learning media, therefore the authors develop innovative technology-based interactive learning media that can be easily made by educators independently. The development of learning media research was carried out using the R & D Research and Development method which adopted the development of Borg & Gall and then designed it into 4 main steps, namely 1. Need analysis, 2. Learning Design, 3. Media Development, 4. Product Evaluation, and 5. The learning media testing phase begins with the validation of several experts namely media experts, computer experts and material experts. The results of the validation by experts showed that the average test of media experts was 75%, computer experts were 75% and material experts were 90%, it could be said that this learning media was suitable for use. Furthermore, the learning media was tested to a number of class XI students with a small group stage of 15 respondents with a quasi-experimental method, obtained the average value of pretest 57.5 and posttest 90, and a large group trial of 30 respondents obtained an average value of pretest 58, 7 and posttest 86.7. In conclusion, ISpring-web-based interactive learning media is good and worthy of use

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRama Denny, YusUNSPECIFIED
Thesis advisorCatur Wibowo, FirmanulUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan media pembelajaran interaktif berbasis ISpring-web untuk konstruksi konsepsi pada konsep perpindahan kalor. Latar belakang dari penelitian ini ialah kurangnya media pembelajaran yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran dan sulitnya pendidik untuk membuat media pembelajaran interaktif, oleh karena itu penulis mengembangkan inovasi media pembelajaran interaktif berbasis teknologi yang dapat dengan mudah dibuat oleh pendidik secara mandiri. Pengembangan penelitian media pembelajaran dilakukan dengan metode R & D Research and Development yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall kemudian dirancang kedalam 4 langkah utama yaitu 1. Analisis kebutuhan, 2. Desain Pembelajaran, 3. Pengembangan Media, 4. Evaluasi Produk, dan 5. Tahap pengujian media pembelajaran dimulai dengan validasi beberapa ahli yaitu ahli media, ahli komputer dan ahli materi. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan rata-rata pengujian dari ahli media 75%, ahli komputer 75% dan ahli materi 90%, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan. Selanjutnya media pembelajaran di uji ke sejumlah siswa kelas XI dengan tahap kelompok kecil yaitu 15 responden dengan metode quasi eksperimen diperoleh nilai ratarata pretest 57,5 dan posttest 90, dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 responden diperoleh nilai rata-rata pretest 58,7 dan posttest 86,7. Kesimpulannya media pembelajaran interaktif berbasis ISpring-web sudah baik dan layak digunakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 15:29
Last Modified: 17 Nov 2021 15:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7593

Actions (login required)

View Item View Item