Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DONGENG KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Derlis, Aprianti (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DONGENG KELAS 4 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DONGENG KELAS 4 SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

This research aims to know the steps of development and the feasibility of characterbased big book media on learning fairy tale in 4 grade of elementary school. The research method used is the Research and Development (R & D) method, with reference to Borg and Gall development model which developed by Sugiyono. This model consisting of 10 stages; (1) the potential and the problem (2) collecting the information (3) product design (4) design validation (5) design revision (6) small group product trial (7) design revision (8) large group product trial (9) final product revision (10) mass production. But this research is limited only in 9 stages. Expert validation was carried out by media experts, material experts and linguists, with the research subjects of 4 th th grade of SD Negeri Panancangan 3, amounting to 28 students, with 7 students in small group trials and 28 students in large group trials. From the data obtained get the average expert validation score of 81.06%, so get the category "very feasible". Student responses on small group trials got an average score of 93.39% with the category "excellent", and got an average score of 90.66% on large group trials with the category "very good". So it can be concluded that the characterbased big book media is feasible and can be used.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorsyachruroji, syachrurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan serta kelayakan media big book berbasis karakter pada pembelajaran dongeng kelas 4 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap; (1) potensi dan masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk kelompok kecil (7) revisi desain (8) uji coba produk kelompok besar (9) revisi produk tahap akhir (10) produksi massal. Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai 9 tahap. Validasi ahli dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 4 SD Negeri Panancangan 3 yang berjumlah 28 siswa, dengan rincian 7 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 28 siswa pada uji coba kelompok besar. Dari data yang diperoleh mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 81,06%, sehingga mendapatkan kategori “sangat layak”. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil mendapat ratarata skor 93,39% dengan kategori “sangat baik”, serta mendapat rata-rata skor 90,66% pada uji coba kelompok besar dengan kategori “sangat baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media big book berbasis karakter ini layak dan dapat dipergunakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 14:32
Last Modified: 17 Nov 2021 14:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7555

Actions (login required)

View Item View Item