Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

Herdiana, Irena (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPS KELAS.pdf

Download (1MB)

Abstract

This research is the development of student worksheet (LKS) based on Mind Mapping. This research is conducted with the development of learning media. This research uses Research and Development (R&D) method, using development research done by modified Sugiyono covering 6 steps that is problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, and product trial. Media produced in the from of student worksheet (lks) which contains material, work instructions making mind mapping and post-test. This student worksheet for local area peta materials on IPS subject. In the proces of making this student worksheet (lks) is using the help of construc 2 applications. To test the feasibility of this media is tested the validity of experts conducted by experts media and expert materials who are competent in their field. Subjects on this media is all students of class VI A&B SDN Panancangan 3 Serang city with the number or 40 student. From the data obtain get the average expert meterial validity scores 83% and 70% media experts so get the category “Eligible” and obtain the average value of conceptual understanding of students on class giveb treatment 89 and 66 in the class that is not giveb treatment. So it can be concluded that mind mapping student worksheet is feasible and can be used.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorHosnan, HosnanUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini yaitu pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Mind Mapping (Peta Pikiran). Penelitian ini dilakukan dengan adanya pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D), dengan menggunakan penelitian pengembangan yang dilakukan oleh Sugiyono yang dimodifikasi meliputi 6 langkah yaitu, analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Media yang dihasilkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisikan materi, petunjuk kerja pembuatan Mind Mapping dan post-test. Lembar Kerja Siswa ini untuk materi PETA Lingkungan Setempat pada mata pelajaran IPS. Dalam proses pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini menggunakan bantuan aplikasi Construc 2. Untuk menguji kelayakan media ini dilakukan uji validitas Ahli yang dilakukan oleh Ahli Media dan Ahli Materi yang berkompeten dibidangnya. Sasaran subjek pada media ini yaitu seluruh Siswa kelas VI A & B SDN Panancangan 3 Kota Serang dengan jumlah 40 siswa. Dari data yang diperoleh mendapatkan rata-rata Skor Validitas ahli materi sebesar 83% dan ahli media 70% sehingga mendapatkan katagori “Layak” dan memperoleh rata-rata nilai pemahaman konsep siswa pada kelas yang diberikan perlakuan 89 dan 66 pada kelas yang tidak diberikan perlakuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mind Mapping ini layak dan dapat dipergunakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 14:09
Last Modified: 17 Nov 2021 14:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7551

Actions (login required)

View Item View Item