Firdaus, Firman (2018) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS PEMBIASAAN di SMAN 6 PANDEGLANG (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 6 Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS PEMBIASAAN DI SMAN 6 PANDEGLANG (Studi Deskripsi pada Peserta Didik Kelas X di SMA negeri 6 Pandeglang).PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Urgensi penanaman nilai karakter dapat dimulai melalui pendidikan karakter berbasis nilai religius. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mengetahui penerapan model pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN 6 Pandeglang. 2) mengetahui proses pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN 6 Pandeglang. 3) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam model pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN 6 Pandeglang. Dan yang terakhir 4) untuk mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan pada model pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN 6 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 6 Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas X. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan utama dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN 6 pandeglang diterapkan dengan menerapkan visi misi sekolah yang mengarah kepada karakter religius dengan membuat program pembiasaan dan pengembangan diri yang mengarah kepada nilai-nilai religius, sedangkan melalui pelajaran PPKn, penerapan dilakukan dengan membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Proses model pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN Pandeglang dengan cara, membiasakan hidup bersih, sopan santun, berdoa dan beribadah serta melalui pengajaran PPKn yang mengaitkan materi dengan nilai-nilai religius, seperti pancasila, norma dan ham. (3) Hambatan dalam model pendidikan karakter religius berbasis pembiasaan di SMAN 6 Pandeglang antara lain, kurangnya fasilitias, penguatan, dorongan serta pengawasan dari semua pihak. (4) Upaya dalam mengatasi hambatan yang ada antara lain memberikan penguatan kepada siswa di dalam maupun luar kelas, dengan memberikan contoh yang nyata.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The urgency of characters breeding can started through by characters breeding based on religious value. This aim of study is: 1) to find out the application of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang. 2) to find out the process of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang. 3) to find out the obstacles of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang. 4) to find out attempt to resolve the obstacles of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang. This study using qualitative methode. The location of this research at SMAN 6 Pandeglang. This research subject are civics education and student of 10 Grade. Informant in this research consist of main informant and proponent informant. Data are collected with observation, interview, and documentation. Data validity used in this research is data triangulation. Data technique analysis are: data collected, data reduction, data presentation, and the conclusion or verification. The results of the research are: 1) the application of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang applied a vision and mission of school to religious character through a habituation program and self- breeding direct to religious value, whereas by PPKn subject, the implementation is done by making a planning, applicating, and evaluating. 2) process of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang with a healthy life, politeness, go to pray and with a civic education that connect the material with religion values, such as pancasila, norm and human rights. 3) the obstacles of religious characters breeding model based on habituation in SMAN 6 Pandeglang which are minimum facilities, strengthening, encouragement and monitoring from all of part. 4) attempt to resolve the obstacles which are giving a strengthening for the student in or the outside of class with an obvious model. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2021 14:17 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2021 14:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7543 |
Actions (login required)
View Item |