Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

METODE DRILL AUDITORI TAKTIL ANAK TUNANETRA TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN KEGIATAN BERWUDHU ( Single Subject Research Pada siswa TKLB di Skh Madina, Serang-Banten)

FAUZIAH, FANI (2019) METODE DRILL AUDITORI TAKTIL ANAK TUNANETRA TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN KEGIATAN BERWUDHU ( Single Subject Research Pada siswa TKLB di Skh Madina, Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
METODE DRILL AUDITORI TAKTIL ANAK TUNANETRA TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN KEGIATAN BERWUDHU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK METODE DRILL AUDITORI TAKTIL ANAK TUNANETRA TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN KEGIATAN BERWUDHU ( Single Subject Research Pada siswa TKLB di Skh Madina, Serang-Banten) Fani Fauziah ABSTRAK Penggunaan metode Drill auditori taktil untuk membantu memudahkan siswa tunanetra melakukan pembelajaran kegiatan berwudhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pada penggunaan metode Drill auditori taktil terhadap kemampuan melakukan kegiatan berwudhu pada anak tunanetra siswa TKLB di Skh Madina Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research, sedangkan desain yang digunakan adalah desain A-B-A. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan tes, tes yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tes lisan dan taktil serta dianalisis dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Target behavior pada penelitian ini adalah Melakukan langkah-langkah kegiatan berwudhu. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan metode Drill auditori taktil dalam melakukan kegiatan berwudhu pada anak tunanetra TKLB di SKh Madina Kota Serang, dengan perolehan rata-rata nilai pada target behavior (Ketepatan melakukan langkah-langkah kegiatan berwudhu) rata-rata yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 41,66%, Pada fase B (intervensi) rata-rata yang diperoleh data yang didapatnya adalah 81,43%, Selanjutnya A1 (baseline 2) rata-rata yang diperoleh adalah 55,29 %.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorListyaningtyas, RatihUNSPECIFIED
Additional Information: The use of tactile auditory drill method is used to help make it easier for blind students to carry out ablution activities. This study aims to determine the effect of using tactile Auditory Drill methods on the ability to perform ablution activities on blind children of TKLB students in Skh Madina, Serang City. The method used in this study is the experimental method using the Single Subject Research approach, while the design used is the A-B-A design. Data collection techniques carried out in this study were using tests, the tests used in this study were oral and tactile tests and analyzed by analysis in conditions and analysis between conditions. The target behavior in this study is Carrying out the steps of ablution activities. The results showed that there was an influence from the use of tactile Auditory Drill method in performing ablution activities on blind children of TKLB in Madina City of Serang, with the acquisition of average values on behavior (Accuracy in carrying out ablution activities steps) the average obtained in phase A1 (baseline 1) is 41.66%. In phase B (intervention) the average data obtained is 81.43%. , Next A1 (baseline 2) the average obtained is 55.29%
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 14:14
Last Modified: 17 Nov 2021 14:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7542

Actions (login required)

View Item View Item