Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM PEMENTASAN TEATER DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X IPS 3)

RAHAYU, RENI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM PEMENTASAN TEATER DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X IPS 3). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KREATIFITAS GERAK TARI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUKTION.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memerankan tokoh, siswa masih hanya sekedar membaca naskah tanpa menghayati peran yang dibawakannya, ketika melakukan dialog tidak ada penekanan nada dari setiap dialognya, gestur tubuh ketika berperan masih terlihat kaku, siswa kurang percaya diri dan masih malu-malu untuk tampil di depan kelas. Maka dari itu digunakan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran memerankan tokoh dengan menggunakan metode role playing dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memerankan tokoh dengan metode role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS 3 SMAN 6 kota Serang yang berjumlah 6 orang serta dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I terdiri dari 4 tindakan dan siklus II terdiri dari 3 tindakan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes praktik memerankan tokoh dan nontes yang meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditentukan apabila sudah bisa mencapai 75% dari indikator skala penilaian siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh menggunakan metode role playing meliputi: 1) perencanaan dengan membuat RPP dan mengkondisikan kelas; 2) melaksanakan proses memerankan tokoh dengan melakukan olah tubuh, olah vokal, menganalisis peran dan melakukan proses latihan; 3) evaluasi berupa tes praktik kemampuan memerankan tokoh. Penelitian ini memperoleh hasil peningkatan kemampuan memerankan tokoh pada siswa dimulai dari pra siklus sebesar 27,50%, pada siklus I meningkat menjadi 51,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,66%, dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan memerankan tokoh siswa meningkat melalui metode role playing.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhaya, SuhayaUNSPECIFIED
Thesis advisorMustika Roekmana, GiriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 14:07
Last Modified: 17 Nov 2021 14:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7541

Actions (login required)

View Item View Item