Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Pada Kelas VIII D di SMPN 3 Kota Serang)

Setia Ningrum, Ike (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa Pada Kelas VIII D di SMPN 3 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh rendahnya keterampilan peserta didik dalam gerak tari, hal ini ditandai dengan kurangnya peserta didik belum mampu memperagakan gerak tari dengan wiraga, wirasa dan wirama. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan gerak tari peserta didik dan untuk mengetahui proses pembelajaran pemahaman gerak tari dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII D di SMPN 3 Kota Serang terdiri dari jumlah sampel yang diambil 10 peserta didik diantaranya 8 peserta didik perempuan dan 2 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditentukan apabila sudah bisa mencapai 75% dari indikator skala penilaian peserta didik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan gerak tari menggunakan metode demonstrasi meliputi: 1) perencanaan dengan membuat RPP, menyiapkan alat dan media pembelajaran, alat pengumpulan data dan dokumentasi. 2) melaksanakan proses tindakan dan pengamatan pemahaman gerak tari dengan menjelaskan pengertian gerak tari, menjelaskan alur cerita skenario yang akan dikembangkan dalam gerak tari, melakukan proses latihan, menampilkan gerak tari. 3) evaluasi berupa tes praktik dan pengetahuan pemahaman gerak tari. Penelitian ini memperoleh hasil peningkatan keterampilan gerak tari pada peserta didik dimulai dari pra siklus sebesar 26%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 51%. Ini menunjukan adanya peningkatan yang baik pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatatan yang signifikan yaitu mencapai 79.5%. Dengan demikian penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran seni tari dengan materi gerak tari dapat meningkatkan keterampilan gerak tari peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena Permana, AliesUNSPECIFIED
Thesis advisorJunian Lestari, DwiUNSPECIFIED
Additional Information: This research is based on the low skills of students in dance movements, this is indicated by the lack of students not being able to demonstrate dance movements with wiraga, wirasa and wirama. The purpose of this study is to improve the dance movement skills of students and to find out the learning process of dance motion understanding using the demonstration method. The research method used is classroom action research. The research subjects were class VIII D students at SMPN 3 Kota Serang consisting of a number of samples taken 10 students including 8 female students and 2 male students. Techniques for collecting data through observation, field notes, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are descriptive quantitative data analysis techniques. Success criteria are determined if it can reach 75% of the student rating scale indicators. Based on the results of the study it can be concluded that the learning process to improve dance skills using the demonstration method includes: 1) planning by making lesson plans, preparing learning tools and media, tools for collecting data and documentation. 2) carrying out the action process and observing dance motion understanding by explaining the meaning of dance movements, explaining the storyline of the scenario that will be developed in dance movements, doing the training process, showing dance movements. 3) evaluation in the form of practical tests and knowledge of dance movements. This study obtained results of increasing dance movement skills in students starting from the pre-cycle of 26%, then in the first cycle increased to 51%. This shows a good increase in the first cycle and in the second cycle experienced a significant increase which reached 79.5%. Thus the application of demonstration methods to learning dance with dance motion material can improve the dance movement skills of students.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 14:02
Last Modified: 17 Nov 2021 14:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7539

Actions (login required)

View Item View Item