Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM PEMENTASAN TEATER DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X IPS 3)

RAHAYU, RENI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM PEMENTASAN TEATER DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X IPS 3). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DALAM PEMENTASAN TEATER DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMAN 6 KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memerankan tokoh, siswa masih hanya sekedar membaca naskah tanpa menghayati peran yang dibawakannya, ketika melakukan dialog tidak ada penekanan nada dari setiap dialognya, gestur tubuh ketika berperan masih terlihat kaku, siswa kurang percaya diri dan masih malu-malu untuk tampil di depan kelas. Maka dari itu digunakan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran memerankan tokoh dengan menggunakan metode role playing dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memerankan tokoh dengan metode role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS 3 SMAN 6 kota Serang yang berjumlah 6 orang serta dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I terdiri dari 4 tindakan dan siklus II terdiri dari 3 tindakan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes praktik memerankan tokoh dan nontes yang meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditentukan apabila sudah bisa mencapai 75% dari indikator skala penilaian siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh menggunakan metode role playing meliputi: 1) perencanaan dengan membuat RPP dan mengkondisikan kelas; 2) melaksanakan proses memerankan tokoh dengan melakukan olah tubuh, olah vokal, menganalisis peran dan melakukan proses latihan; 3) evaluasi berupa tes praktik kemampuan memerankan tokoh. Penelitian ini memperoleh hasil peningkatan kemampuan memerankan tokoh pada siswa dimulai dari pra siklus sebesar 27,50%, pada siklus I meningkat menjadi 51,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,66%, dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan memerankan tokoh siswa meningkat melalui metode role playing.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhaya, SuhayaUNSPECIFIED
Thesis advisorMustika Roekmana, GiriUNSPECIFIED
Additional Information: This research is based on background by the lack of students' ability to portray characters, students are still just reading the script without living up to the role he is carrying, when doing dialogue there is no emphasis on the tone of each dialogue, body gesture when acting still looks stiff, students lack confidence and are still shy to appear in front of the class. Therefore the method is used role playing to improve the ability to portray characters in students. The purpose of this research is to find out the learning process to portray a character by using a method role playing and to know the increase in the ability to portray a character by using a method role playing. The research method used is classroom action research (PTK). This research was conducted on students totaling 6 people and carried out with two cycles. Cycle I consists of 4 actions and cycle II consists of 3 actions. Data collection techniques namely using skill test techniques to portray characters and non-content which includes observation, questionnaire and documentation. Data analysis techniques used are quantitative descriptive data analysis techniques. Success criteria if it can reach 75% from the student rating scale indicator. the results of the study can be concluded he learning process to improve the ability to portray characters using the role playing method includes: 1) planning by making lesson plans and conditioning classes; 2) carry out the process of portraying the character by doing body work, vocal training, analyzing roles and carrying out the training process; 3) evaluasi berupa tes praktik kemampuan memerankan tokoh. This study obtained the results of an increase in the ability to portray characters in students starting from the pre-cycle of 27.50 %, in the first cycle it increased to 51.66 % and in the second cycle it increased to 76.66 %, therefore can be said that the ability to portray student characters increases through the role playing method.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:57
Last Modified: 17 Nov 2021 13:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7537

Actions (login required)

View Item View Item