Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI UPACARA BENDERA (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Serang Banten)

ULI, KRISTINA (2019) MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI UPACARA BENDERA (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI UPACARA BENDERA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Setiap jenjang dan jalur pendidikan harus mempunyai dan mengusahakan tujuan pendidikan yang menghasilkan peserta didik yang berkarakter mulia. Mengembangkan nilai-nilai karakter pada masa anak usia dini baik dilakukan karena masa ini mempengaruhi masa depan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan upacara bendera dan untuk mengetahui bagaimana upacara bendera memberi manfaat untuk mengembangkan nilai-nilai karakter anak didik di kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 01, Serang, Banten. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan upacara, pada acara persiapan, guru menyusun barisan, menyuruh anak didik untuk memakai topi, memilih petugas upacara, membagikan teks doa dan teks Pancasila. Acara pokok, barisan disiapkan, pembina memasuki lapangan upacara, penghormatan kepada bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila, pengarahan dari pembina upacara, menyanyikan lagu nasional, berdoa, pembina dan guru meninggalkan lapangan upacara, barisan dibubarkan. Pasca upacara yaitu guru mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara, menyuruh anak didik minum lalu masuk kelas, pagar sekolah dibuka kembali, sehingga anak yang terlambat dan tidak ikut upacara bendera dapat masuk ke kelas. Nilai-nilai karakter yang berkembang melalui upacara bendera yaitu karakter cinta tanah air, religius, disiplin, pemimpin dan percaya diri.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena Permanasari, AlisUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Every level and path of education must have and attempts educational goals that produce students who have noble character. Developing character values in early childhood is good because this period affects the child's future. The purpose of this research was to find out how the process implimentation the flag ceremony and to find out how the flag ceremony gave benefits to develop the character values of students in group B in TK Kemala Bhayangkari 01, Serang, Banten. The research method used is a qualitative research approach with descriptive research type. Data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation and conclusion. The results showed the process of the ceremony, the event preparations, the teacher arranges the line,instruct students to wear hats, choose ceremonial officers, share prayer texts and Pancasila texts. The main event, the line is prepared, the coach enters the ceremony field, honors the red and white flag accompanied by the national anthem Indonesia Raya, reading the Pancasila text, direction from the ceremonial coach, singing national song, praying, the coach and teacher leaving the ceremonial field, the line dissolved. Post-ceremony which was after the line dissolved, the teacher thanked the officer of the ceremony, told the students to drink and then go to class, school gates reopened, so that children who are late and did not join the flag ceremony can go to class. Character values that develop through the flag ceremony are the characters of love for the homeland, religious, disciplined, leaders and self-confidence.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:50
Last Modified: 17 Nov 2021 13:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7534

Actions (login required)

View Item View Item