Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA NONFIKSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Kelas V di SD Unggulan Uswatun Hasanah

Viviani, Hani (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA NONFIKSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Kelas V di SD Unggulan Uswatun Hasanah. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA NONFIKSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam keterampilan menyimak cerita nonfiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 5 di SD Unggulan Uswatun Hasanah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan ialah teknik observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru kelas 5 di SD Unggulan Uswatun Hasanah telah memiliki pemahaman terkait kompetensi pedagogik dalam keterampilan menyimak cerita nonfiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia serta mampu mengimplementasi kompetensi pedagogik terhadap keterampilan menyimak cerita nonfiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan memberikan dampak implementasi kompetensi pedagogik terhadap keterampilan menyimak cerita nonfiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to find out how the teacher's pedagogical competence towards the skill of listening to nonfiction stories in grade 5 Indonesian subjects at the Uswatun Hasanah Superior Elementary School. The research method used in this study is a qualitative method, with a descriptive qualitative type. Data collection techniques used were observation and interview techniques, which were then analyzed using the Miles and Huberman models. The results of this study can reveal that 5th grade teachers at SD Superior Uswatun Hasanah have had an understanding of pedagogic competencies in listening to nonfiction stories on Indonesian language subjects and are able to implement pedagogical competencies in listening to nonfiction stories on Indonesian subjects and impact on the implementation of competencies pedagogic about the skill of listening to nonfiction stories on Indonesian subjects.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:35
Last Modified: 17 Nov 2021 13:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7522

Actions (login required)

View Item View Item