Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KINERJA GURU HONORER DALAM MELAKSANAKAN KOMPETENSI PROFESIONAL (Studi kasus tentang kajian guru honorer di SDN Pekayon 2)

WAHYUDIN, TEDI (2019) KINERJA GURU HONORER DALAM MELAKSANAKAN KOMPETENSI PROFESIONAL (Studi kasus tentang kajian guru honorer di SDN Pekayon 2). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KINERJA GURU HONORER DALAM MELAKSANAKAN KOMPETENSI PROFESIONAL (Studi kasus tentang kajian guru honorer di SDN Pekayon 2).PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2019. Dilatarbelakangi oleh empat kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru salah satunya yaitu kompetensi professional, tinggi rendahnya tingkat kompetensi professional yang dimiliki guru akan berimbas terhadap peningkatakan kualitas peserta didik. Tidak terkecuali dengan guru honorer yang juga wajib memiliki kompetensi professional, namun dengan rendahnya kesejahteraan guru honorer yaitu upah yang rendah dapat membawa dampak terhadap kinerja guru honorer dalam melaksanakan tugas mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru honorer di SDN Pekayon 2 dalam melaksanakan kompetensi professional dengan faktor penunjang dan penghambatnnya serta bagaimana dampaknya terhadap kualitas kegiatan pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan ialah teknik observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat mengungkapkan bahwa guru honorer di SDN Pekayon 2 kabupaten tangerang dapat melaksankan kompetensi profesional dengan sangat baik serta dapat memaksimalkan faktor penunjang dan mengatasi faktor penghambat yang dihadapi yang kemudian berdampak pada peningkatan hasil belajar yang sangat baik pula pada siswanya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman Hakim, ZeriUNSPECIFIED
Thesis advisorM.Taufik, M.TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: This research was conducted in 2019. Against the background of the four competencies that must be mastered by teachers, one of which is professional competence, the high and low levels of professional competence possessed by teachers will have an impact on improving the quality of students. No exception with temporary teachers who are also required to have professional competence, but with the low welfare of temporary teachers, namely low wages can have an impact on the performance of temporary teachers in carrying out teaching tasks in schools. This study aims to determine how the ability of temporary teachers in Pekayon 2 Elementary School in carrying out professional competencies with their supporting and inhibiting factors and how they impact the quality of learning activities in schools. The research method used in this study is a qualitative method, with a qualitative descriptive type. Data collection techniques used were observation and interview techniques, which were then analyzed using the Miles and Huberman models. The results of this study can reveal that temporary teachers at Pekayon 2 Elementary School in Tangerang Regency can perform professional competence very well and can maximize supporting factors and overcome the inhibiting factors faced which then have an impact on improving learning outcomes that are also very good for their students.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:31
Last Modified: 17 Nov 2021 13:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7520

Actions (login required)

View Item View Item