Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PRAKTIKUM PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL KELAS XII SMA

HELMI TAMUJI, MUHAMAD (2018) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PRAKTIKUM PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL KELAS XII SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PRAKTIKUM PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL KELAS XII SMA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

The purpose of this research was to develop a virtual laboratory and to know the assessment result from the expert on virtual laboratory as an alternative media for the concept of cell division experiment at grade 12 in Senior High School. The method used was Research and Development (R&D). The research was conducted on Maret to September 2017 at Sultan Ageng Tirtayasa University and SMAN 1 Kota Serang in grade XII MIA 3 for validation expert and students responses. Based on, the expert assessment virtual laboratory media got 75.83% and 70.67% for media and content consecutively. While the responses on virtual laboratory from the teacher and the students was 76.19%, and 82.21%. In conclusion, the virtual laboratory of cell division concept was well accepted by the teachers and very well accepted by the students.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOktorida Khastini, RidaUNSPECIFIED
Thesis advisorEkanara, BambangUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media laboratorium virtual dan mengetahui penilaian hasil uji ahli terkait media laboratorium virtual yang dibuat sebagai media alternatif praktikum pada konsep pembelahan sel di Kelas XII SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D). Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret-September 2017 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMAN 1 Kota Serang pada Kelas XII MIA 3. Uji produk laboratorium virtual dilakukan oleh ahli media pembelajaran mendapatkan perolehan nilai 75.83% dan ahli materi pembelajaran mendapatkan perolehan nilai 70.67% dengan kategori baik digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah. Hasil nilai rata-rata respon guru mengenai media laboratorium virtual adalah 76.19% sedangkan nilai rata-rata respon siswa adalah 82.21% sehingga laboratorium virtual pada konsep pembelahan sel ini diterima baik oleh pendidik dan sangat baik oleh peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:16
Last Modified: 17 Nov 2021 13:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7515

Actions (login required)

View Item View Item