Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG

ZAKIAH, YAYAH (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SENTRA DAN LINGKARAN DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research is motivated by the existence of questions in the development of children's emotional intelligence that does not develop optimally from the children of group B in Islamic Kindergarten Tirtayasa Serang. To optimize it, it is necessary to make efforts to develop children's emotional intelligence through the center and circle approach. The purpose of this research is to know: 1) The process of developing emotional intelligence of group B children aged 5-6 years through the approach of centers and circles in the Islamic Kindergarten Tirtayasa Serang, 2) Characteristics of emotional intelligence development of group B children aged 5-6 years in Islamic Kindergarten Tirtayasa Serang. This research was conducted in January to February 2018. With the research place in Islamic Kindergarten Tirtayasa Serang. Subjects in this study were group B with the number of twelve children and methods using qualitative methods. Technical data through data, field notes, interviews and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and decision. Validation of data is done by way of observation, improvement of research persistence, triangulation, member check. Based on the analysis datamenyatakan the emotional intelligence of children aged 5-6 years on the approach of centers and circles in the Islamic Kindergarten Tirtayasa Serang well developed. This can be seen from all activities of the child is able to replace the emotions themselves, the child is able to manage the emotions themselves, the child is able to mngenali emotions of others, the child is able to manage the emotions of people lian well, curiosity children find new things, follow the learning well, children have an attitude of sympathy and empathy, children are able to work in doing an activity and children are able to be good friends. This can provide a stimulus in the development of emotional intelligence towards students.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFahmi, FahmiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pengembangan kecerdasan emosi anak yang tidak berkembang secara optimal dari anak kelompok B di TK Islam Tirtayasa Serang. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, maka perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak melalui pendekatan sentra dan lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Proses pengembangan kecerdasan emosi anak kelompok B usia 5-6 tahun melalui pendekatan sentra dan lingkaran di TK Islam Tirtayasa Serang, 2) Karakteristik pengembangan kecerdasan emosi anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Islam Tirtayasa Serang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2018. Dengan tempat penelitian di TK Islam Tirtayasa Serang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B dengan jumlah duabelas anak dan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi, member check. Berdasarkan analisis datamenyatakan bahwa kecerdasan emosi anak usia 5-6 tahun melalui pendekatan sentra dan lingkaran di TK Islam Tirtayasa Serang berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dari seluruh kegiatan dari anak mampu mengenali emosi diri, anak mampu mengatur emosi diri, mampu mengenali emosi orang lain, mampu mengelola emosi orang lian dengan baik, rasa penasaran anak menemukan hal yang baru, mengikuti pembelajaran dengan baik, anak memiliki sikap simpati dan empati, anak mampu bekerjasama dalam melakukan suatu kegiatan dan anak mampu berteman dengan baik. Hal ini dapat memberikan stimulus dalam pengembangan kecerdasan emosi terhadap anak didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:08
Last Modified: 17 Nov 2021 13:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7509

Actions (login required)

View Item View Item