Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEGIATAN LABORATORIUM KIMIA BERBASIS MINI-PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PRAKTIKUM UJI ALDEHID

Trisusilosakti, Anis (2019) KEGIATAN LABORATORIUM KIMIA BERBASIS MINI-PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PRAKTIKUM UJI ALDEHID. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KEGIATAN LABORATORIUM KIMIA BERBASIS MINI-PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PRAKTIKUM UJI ALDEHID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Kegiatan praktikum kimia di sekolah cenderung hanya membuat siswa melaksanakan panduan yang sudah ditentukan tanpa mengajak siswa terlibat lebih aktif. Oleh sebab itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengajak siswa terlibat lebih aktif dalam kegiatan praktikum yaitu kegiatan laboratorium kimia berbasis Mini-Project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan laboratorium kimia berbasis Mini-Project terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh hasil pre-test dan post- test, sedangkan peningkatan aktivitas siswa ditunjukkan oleh hasil observasi. Penelitian ini menggunakan metode quasy-experimental design dengan control group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini adalah 64 siswa, yang terdiri dari kelas XII Mipa 5 dan XII Mipa 7 SMAN 1 Pandeglang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis (pre-test dan post-test), dan lembar observasi yang sudah divalidasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik. Berdasarkan hasil uji independent sample t test diperoleh sig 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 0,99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan laboratorium kimia berbasis Mini-Project dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan ukuran pengaruh dalam kategori “besar”.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNamirah, Irah201409012031
Thesis advisorSari Siti Aisyah, Ratna201508312066
Additional Information: Chemical practical activities in school tend to enable students to implement existing guides without inventing students to becomes more active. Therefore it requires a learning model that invites students to become more active in the practical activity of the mini-project model. This study aims to determine the effect of implementation that is a mini project learning model on the improvement of the students' activity and learning result. The improve of learning results is shown by pretest-posttest and the improvement of students' activity is shown by observation during learning. This research uses a quasi-experimental method with a control group pretest-posttest design. Sample of this research is 64 students of class XII Mipa 5 and XII Mipa 7 SMAN 1 Pandeglang academic year 2018/2019. The research instrument uses a written test (pretest-posttest) and the observation sheet was validated. Research data is analyzed descriptively and statistically. Result of t-paired sample test obtained sig 0,000 < 0,05 with size effect value equal to 0,99. The results showed that the mini project learning model can improve student activity to the size of influence in the "big" category.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:16
Last Modified: 17 Nov 2021 13:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7508

Actions (login required)

View Item View Item