Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI ANGKLUNG DALAM KAITANNYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN PANANCANGAN 2 Penelitian Kualitatif Mengenai Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Angklung Dalam Kaitannya Dengan Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Panancangan 2

Irfan Alamsyah, Febrian (2019) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI ANGKLUNG DALAM KAITANNYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN PANANCANGAN 2 Penelitian Kualitatif Mengenai Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Angklung Dalam Kaitannya Dengan Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Panancangan 2. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI ANGKLUNG DALAM KAITANNYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN PANANCANGAN 2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler angklung di SDN Panancangan 2 dan dampaknya terhadap penguatan pendidikan karakter di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan ialah teknik observasi dan wawancara., yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kegiatan ektrakurikuler angklung di SDN Panancangan 2, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler berjalan dengan efektif yang didukung oleh tenaga pendidik yang berkompeten serta sarana prasarana yang memadai, sehingga output dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut ialah tidak hanya dibidang keterampilan angklung saja yang meningkat, akan tetapi terdapat penguatan dalam karakter diri peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik simpulan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni angklung memberikan dampak positif terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik SDN Panancangan 2.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorSuhaya, SuhayaUNSPECIFIED
Additional Information: Character degradation is one of the most important topics that is often discussed in educational discussions. One of the most effective ways to develop character in the school environment is through extracurricular activities, especially extracurricular angklung art. Angklung is an art originating from the area of West Java. The benefits that can be obtained from playing Angklung is to gain character reinforcement of discipline, tolerance and cooperation. With the implementation of angklung extracurricular activities optimally, it is expected that the character of the students can strengthen well. This study aims to find out how angklung extracurricular activities can have an impact on strengthening the character of students in Panancangan State Elementary School 2. The research method used in this study is a qualitative method, with a qualitative descriptive type. Data collection techniques used were observation and interview techniques, which were then analyzed using the Miles and Huberman models. The results of this study reveal that angklung extracurricular have the competence to carry out angklung art extracurricular activities, because he already has an understanding is able to carry out angklung extracurricular activities, and can have a good impact on participants student.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:15
Last Modified: 17 Nov 2021 13:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7507

Actions (login required)

View Item View Item