Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEANEKARAGAMAN LIKEN BERDASARKAN KETINGGIAN DATARAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS EKOSISTEM DI CAGAR ALAM RAWA DANAU SERANG BANTEN (Sebagai Bahan Ajar Alternatif berupa Modul Berbasis Kontekstual pada Subkonsep Liken Kelas X SMA)

SULASANAH, SITI (2019) KEANEKARAGAMAN LIKEN BERDASARKAN KETINGGIAN DATARAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS EKOSISTEM DI CAGAR ALAM RAWA DANAU SERANG BANTEN (Sebagai Bahan Ajar Alternatif berupa Modul Berbasis Kontekstual pada Subkonsep Liken Kelas X SMA). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KEANEKARAGAMAN LIKEN BERDASARKAN KETINGGIAN DATARAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS EKOSISTEM DI CAGAR ALAM RAWA DANAU SERANG BANTEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman liken berdasarkan ketinggian dataran sebagai bioindikator kualitas ekosistem di Rawa Danau. Pengambilan sampel liken menggunakan metode transek garis pada 100-130 mdpl, 130-160 mdpl, dan 160-187 mdpl dan metode jelajah digunakan pada 90 mdpl. Frekuensi dan tutupan talus liken dicatat. Keanekaragaman liken di Cagar Alam Rawa Danau sebanyak 63 spesimen diperoleh dari empat stasiun yang terdiri dari 19 spesies, 17 genus, dan 13 famili. Indeks keanekaragaman liken dihitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman liken berdasarkan ketinggian dataran di Rawa Danau dengan nilai H’ terendah hingga tertinggi sebesar 1.494 (100-130 mdpl), 1.625 (130-160 mdpl), 1.9567 (160-187 mdpl), dan 2.6678 (90 mdpl) termasuk kedalam kategori keanekaragaman sangat tinggi. Nilai keanekaragaman juga menentukan kualitas ekosistem pada seluruh lokasi penelitian. Pada seluruh ketinggian dataran (90, 100-130, 130-160, dan 160-187 mdpl) memiliki kualitas ekosistem sangat baik. Hasil dari penelitian diimplementasikan pada bidang pendidikan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran biologi pada subkonsep liken dalam bentuk modul berbasis kontekstual. Data penelitian keanekaragaman ini dijadikan konten tambahan dalam menyusun modul berbasis kontekstual. Modul pembelajaran dinilai dari aspek media dan aspek materi. Penilaian modul pembelajaran pada aspek media sebesar 88.75% dan pada aspek materi sebesar 90%. Modul pembelajaran tersebut dapat diketahui nilai akhir rata-rata yaitu sebesar 88.975% dengan kategori sangat baik digunakan sebagai bahan ajar siswa SMA kelas X pada mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOktorida Khastini, RidaUNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: The study aimed to determine lichen diversity as on ecosystem quality bioindicator based on the altitude in Rawa Danau. The study was conducted using line transect based plot in three main 100-130 mdpl, 130-160 mdpl, dan 160-187 mdpl, while exploration technique was carried out in 90 mdpl. The cover of lichen species in the substrates and the number of species were recorded. A total 63 specimens were collected from these four areas which resulted in the occurrence of 19 species of lichens belong to 17 genera and 13 familes. Shannon-Wiener diversity index was also calculated. The results of the study used in education as student module on contextual in Rawa Danau. The results showed lichen diversity index with the lowest to highest H’ value, 1.494 (100-130 mdpl), 1.625 (130-160 mdpl), 1.9567 (160-187 mdpl), and 2.6678 (90 mdpl). Shannon-Wiener diversity index also determined the quality of ecosystem. The results showed the of quality ecosystem in Rawa Danau was categorized as very good. This information on lichen in Rawa Danau diversity was used as content for developing contextual based learning module. Learning module were assessed from media aspects and material aspects. The result was a learning module based on lichen diversity at Rawa Danau on lichen subconcept has average value of the produce was 88.75% and material aspect was 90%. Therefore the average value of the produce was 88.975% was categorized very good. It concluded the contextual learning module was high visible as an teaching learning materials in lichen subconcept for ten grade student of senior high school
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:13
Last Modified: 17 Nov 2021 13:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7506

Actions (login required)

View Item View Item