Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KARAKTERISTIK SELF-EFFICACY GURU MATEMATIKA SMP DI KOTA SERANG

Hafsah, Hafsah (2019) KARAKTERISTIK SELF-EFFICACY GURU MATEMATIKA SMP DI KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KARAKTERISTIK SELF-EFFICACY GURU MATEMATIKA SMP DI KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran matematika tidak terlepas dari bagaimana matematika diajarkan di lembaga pendidikan, tetapi juga keberhasilan seorang guru dalam mengajarkan materi pelajaran. Hal ini berarti peran guru sangatlah penting untuk mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus memiliki keyakinan akan kemampuan diri (self-efficacy) agar tercapainya tujuan pembelajaran. Guru merupakan profesi seseorang yang memiliki tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, menilai dan mengevaluasi siswa dalam proses pertumbuhan dan perkembangan siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran. Self-efficacy pada guru merupakan keyakinan diri seorang guru terhadap kemampuannya untuk mengatur dan menjalankan program pembelajaran agar tercapainya kesuksesan tugas mengajar yang spesifik untuk konteks materi tertentu dan dapat mempengaruhi kinerja siswa dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana self-Efficacy guru matematika SMP di Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian adalah guru matematika SMP di Kota Serang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen wawancara dimodifikasi dari instrumen General Self- Efficacy (GSE) yang terdiri dari 10 item pertanyaan. Data yang telah didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada karakteristik self- efficacy guru matematika di Kota Serang yang dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu kelompok konstruktif dan kelompok normatif. Kelompok konstruktif adalah guru yang memiliki self-efficacy yang tinggi. Sedangkan kelompok normatif adalah guru yang memiliki self-efficacy yang sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyamsuri, SyamsuriUNSPECIFIED
Thesis advisorJaenudin, JaenudinUNSPECIFIED
Additional Information: Learning mathematics is inseparable from how mathematics is taught in educational institutions, but also the success of a teacher in teaching. This means that the teacher's role is very important to influence students' success in learning. In the learning process a teacher must have confidence (self-efficacy) in order to achieve learning goals. The teacher is a profession of a person who has the duty to educate, to teach, to guide, to assess and to evaluate students in the process of growth and development of students in order to achieve learning goals. Self- efficacy to the teacher is a teacher's self-confidence in his ability to organize and run learning programs so that the success of teaching assignments is specific to certain material contexts and can affect student performance. The purpose of this study was to describe the characteristics of the self-Efficacy of junior high school mathematics teachers in Serang City. This type of research is qualitative research. The subjects of the study were junior high school mathematics teachers in Serang City. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. The interview instrument was modified from the General Self-Efficacy (GSE) instrument which consisted of 10 question items. The data that has been obtained is then analyzed using the constant comparative method. The results showed that there were characteristics of the self-efficacy of mathematics teachers in Serang City which could be grouped into 2 groups is constructive groups and normative groups. Constructive groups are teachers who have high self-efficacy. While normative groups are teachers who have moderate self-efficacy.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:08
Last Modified: 17 Nov 2021 13:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item