Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KARAKTERISTIK MOTIVASI EKSTRINSIK DAN INTRINSIK SISWA SMP DALAM BELAJAR MATEMATIKA

RISNA DEWI, VIDIYA (2019) KARAKTERISTIK MOTIVASI EKSTRINSIK DAN INTRINSIK SISWA SMP DALAM BELAJAR MATEMATIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KARAKTERISTIK MOTIVASI EKSTRINSIK DAN INTRINSIK SISWA SMP DALAM BELAJAR MATEMATIKA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa SMP dalam belajar matematika, yang dilaksanakan di SMPN 8 Kota Serang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian deskriptif kualitatif . Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 2 guru dan siswa kelas VII dan kelas VIII di SMPN 8 Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi metode. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini adalah berupa paparan data dan pembahasan dimana terdapat 4 tipe karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa SMP dalam belajar matematika yang terdiri dari: 1) tipe motivasi positif yakni siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik dan intrinsik yang baik, 2) tipe motivasi positif Intrinsik yakni siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik kurang baik dan motivasi intrinsik yang baik, 3) tipe motivasi Positif Ekstrinsik yang siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik yang baik dan motivasi intrinsik yang kurang baik, dan 4) tipe motivasi negatif yakni siswa yakni siswa yang memiliki motivasi ekstrinsik dan intrinsik yang kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyamsuri, SyamsuriUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaerunnisa, EtikaUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to determine a characteristics of junior high school students’ intrinsic and extrinsic motivation in learning mathematics, which was conducted at SMPN 8 Kota Serang. The study was conducted using a type of qualitative descriptive research approach. The informants involved in this study were 2 teachers and students of grade 7th and grade 8th at SMPN 8 Kota Serang. Data collection techniques used are using observation, interview and documentation techniques. The validity of the data used is by using source triangulation and tringulation methods. The analysis technique used is using the interactive models of Miles and Huberman which include collecting, reducing, presenting data, and drawing conclusions or verification. The results of this study are data exposures and discussions where there are 4 types of characteristics of junior high school extrinsic and intrinsic motivation in learning mathematics which consists of: 1) positive motivation type that is students who have high intrinsic and extrinsic motivation, 2) intrinsic positive motivation type that is students who have low extrinsic motivation and high intrinsic motivation, 3) type of extrinsic positive motivation that students have high extrinsic motivation and low intrinsic motivation, and 4) negative motivation type namely students namely students who have low intrinsic and extrinsic motivation.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:04
Last Modified: 17 Nov 2021 13:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7501

Actions (login required)

View Item View Item