Ramdani, Yusuf (2019) KARAKTERISTIK KECEMASAN SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
KARAKTERISTIK KECEMASAN SISWA SMA DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kecemasan matematika merupakan bentuk perasaan seseorang baik berupa perasaan tegang, takut, khawatir ataupun cemas dalam menghadapi persoalan matematika atau dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Berkembangnya gejala kecemasan matematika (math anxiety) sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan karakteristik kecemasan siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah atas (SMA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen wawancara telah dimodifikasi dari instrumen The Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS) yang terdiri dari 9 item pertanyaan dan 2 aspek kecemasan matematika. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat karakteristik kecemasan matematika siswa SMA yang dapat dikelompokkan menjadi 3 tipe yaitu: tipe cemas, tipe cemas dalam proses dan tipe cemas dalam evaluasi. Tipe cemas adalah kategori kelompok yang terdiri dari subjek yang cenderung merasa cemas dalam aspek pembelajaran dan evaluasi matematika. Tipe cemas dalam proses adalah kategori kelompok yang terdiri dari subjek yang merasa cemas pada aspek proses pembelajaran matematika saja. Tipe cemas dalam evaluasi adalah kategori kelompok yang terdiri dari subjek yang merasa cemas pada aspek evaluasi matematika.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Math anxiety is a form of one’s feelings both nervous, scary and fear, anxiety or fear in dealing with math problems or in doing math learning. The developement of symptoms in math anxiety is very worrying, so math learning becomes less- effective. The purpose of this study is to describe the anxiety characteristics of highschool students in mathematics learning. Type of this research is qualitative research. The research subjects were highschool students. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. The interview instrument was modified from the Abbreviated Math Anxiety Scale (AMAS) instrument consisting of 9 question items and 2 aspects of math anxiety. The data that has been obtained will be analyzed by using constant comparative method. The results shows that there are characterictics of math anxiety of highschool students who can be divided into 3 types; anxious type, anxious type in learning process, and anxious type in evaluation. Anxious type is a category of groups consisting of subjects that need to be considered. Anxious type in the process is a group category consisting of subjects that are needed to be anxious in the mathematics learning process. Anxious type in evaluation is a group category consisting of subjects that are anxious about aspects of mathematical evaluation. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2021 13:03 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2021 13:03 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7500 |
Actions (login required)
View Item |