Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KARAKTERISASI PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

Noviyanti, Eva (2019) KARAKTERISASI PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KARAKTERISASI PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN KELAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang merupakan hal penting dari proses pendidikan karena hampir semua kegiatan belajar mengajar di sekolah dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu lingkungan kelas pembelajaran merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang melibatkan Siswa di SMA Negeri 1 Kibin Tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data terdiri dari wawancara yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa SMA terhadap lingkungan kelas pembelajaran matematika. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa karakterisasi persepsi lingkungan kelas pembelajaran matematika di SMA dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis: tipe persepsi positif, tipe persepsi netral, dan tipe persepsi negatif. Diharapkan bahwa hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber pertimbangan dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran matematika dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyamsuri, SyamsuriUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiani, YaniUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by learning which is important role in education process because almost all teaching and learning activities in schools are carried out through classroom learning activities. Therefore, mathematics learning environment is something that needs attention. This article aims at describing the characterization of the perceptions of mathematics learning environtment in high school. A qualitative approach is applied in this study, which involves school year 2018/2019 of SMA Negeri 1 Kibin. Data collection of this research consists of interviews supported by observation and documentation. Interviews are conducted to find out and describe how the perceptions of high school students towards the environment of the mathematics classroom. The results of this study shows that the characterization of the perceptions of the mathematics learning class in high school can be classified into three types: positive perception type, neutral perception type, and negative perception type. It is expected that the results of the study can be used as a source of consideration in determining the appropriate learning strategies and mathematics learning can take place optimally.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:01
Last Modified: 17 Nov 2021 13:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item View Item