Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS PESANTREN DI SDI DAARUL HUDA ( Penelitian Kualitatif Deskriptif Studi Kasus Pada Siswa Kelas 4 Di SDI Daarul Huda)

Najiah, Mar’atun (2019) KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS PESANTREN DI SDI DAARUL HUDA ( Penelitian Kualitatif Deskriptif Studi Kasus Pada Siswa Kelas 4 Di SDI Daarul Huda). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS PESANTREN DI SDI DAARUL HUDA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan, khususnya dalam memperkuat karakter religius berbasis pesantren. Pendidikan religius sangat penting untuk perkembangan peserta didik, maka penguata pendidikan karakter religius harus dilaksanakan secara optimal. Karena itu tugas guru sebagai profesi yang termasuk mendidik, mengajar dan pelatihan. Guru sebagai mentor, guru sebagai pendidik dan guru sebagai pelatih sangat diperlukan dalam mendidik peserta didik yang berprilaku sesuai dengan nilai agama, karakter dan norma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian tentang pendidikan karakter religius di kelas IV SDI Daarul Huda. Metode penelitian yang digunakaan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorM. Suparno, M. SuparnoUNSPECIFIED
Additional Information: Teachers have a very important role in achieving educational goals, especially in strengthening religious-based pesantren characters. Religious education is very important for the development of students, so the acquisition of religious character education must be carried out optimally. Because it is the teacher's job as a profession which includes educating, teaching and training. Teachers as mentors, teachers as educators and teachers as trainers are needed in educating students who behave according to religious values, character and norms. This study aims to determine the study of religious character education in class IV SDI Daarul Huda. The research method used in this study is a qualitative method, with a qualitative descriptive type. Data collection techniques used were observation and interview techniques, which were then analyzed using the Miles and Huberman models..
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 12:58
Last Modified: 17 Nov 2021 12:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7495

Actions (login required)

View Item View Item