YUSRI AMALIA, ANA (2019) KAJIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SOSIOLOGI DALAM KONTEKS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
KAJIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SOSIOLOGI DALAM KONTEKS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 CILEGON.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan sebagai pembentukan karakter anak. Melalui kegiatan di lingkungan sekolah hingga dalam pembelajaran. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sangat penting untuk menentukan cara melakukan proses pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam pelajaran sosiologi untuk membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan rancangan, penerapan, hingga hasil dari program pembelajaran guru sosiologi dalam konteks penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Cilegon . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adanya penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Cilegon melalui dua pendekatan, yaitu terintegrasi dan pembiasaan. Terintegrasi terdapat dalam pembelajaran didukung oleh kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dalam menentukan strategi, media, model, dan metode pembelajaran dalam membentuk karakter peserta didik. Penguatan pendidikan karakter menghasilkan peserta didik menjadi lebih baik dengan adanya tindakan yang dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan, sehingga peserta didik dapat menerapkan dilingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Education as the formation of children's character. Through Activities in the School Environment to Learning. Pedagogic competencies required by teachers are very important to determine how to carry out the learning process. Applying appropriate learning strategies in sociology lessons to shape student character. The purpose of this study is to describe the design, application, and results of the sociology teacher learning program in learning to strengthen character in SMA Negeri 1 Cilegon. The method used in this study is qualitative using descriptive, with guidelines for observation, interviews, and documentation. The results of this research are the strengthening of character education in SMAN 1 Cilegon through two approaches, namely integrated and accustomed. Integrated in learning is supported by pedagogical competencies that teachers have in determining strategies, media, models, and learning methods in shaping the character of students. Strengthening character education results in students becoming better with the actions being carried out continuously which will become a habit, so that students can implement the surrounding environment. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2021 12:55 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2021 12:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7493 |
Actions (login required)
View Item |