Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SKB KABUPATEN SERANG

Oliviera Emifa, Goytia (2019) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SKB KABUPATEN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SKB KABUPATEN SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prisip-prins ip pembelajaran orang dewasa di SKB Kabupaten Serang dan untuk mendeskrips ika n faktor pendukung dan penghambat dalam dalam proses belajar pada kesetaraan Paket C di SKB Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, agar lebih tergambar jelas dalam penulisan hasil dari penelitian tersebut. Dan untuk mengetahui hasil dari penelitian, penelit i menggunakan kisi-kisi instrument, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan 1 orang kepala SKB, 1 orang kepala pelaksana, 1 orang pengelola, 3 orang tutor dan 3 orang peserta didik. Hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan yaitu. 1) Penerapan prinsip RAMP 2 FAME dapat memberikan manfaat yang besar dalam proses belajar bagi peserta didik maupun dalam proses mengajar bagi tutor, manfaat tersebut yaitu peserta didik dapat dengan mudah memahami suatu mata pelajaran yang diberikan oleh tutor, dan mampu memotivasi agar peserta didik memilik i semangat akan belajar dan memiliki pengetahuan akan pentingya suatu Pendidikan. 2) faktor pendukung dalam penyelenggaraan program pembelajaran orang dewasa pada program kesetaraan Paket C di SKB Kabupaten Serang adalah Tersedianya ruang kelas untuk pembelajaran dan lingkungan pembelajaran yang kondusif. sedangkan faktor penghambatnya adalah Buku pedoman dan panduan yang kurang lengkap dan faktor usia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, IrwanUNSPECIFIED
Thesis advisorRizqi Meilya, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine how the implementation of the principles of adult learning in the Serang District SKB and to describe the supporting and inhibit ing factors in the learning process on the equivalence of Package C in the Serang District SKB. The method used in this study is descriptive qualitative, so that it is more clearly illustrated in the writing of the results of the study. And to find out the results of the research, researchers used instrument grids, observation guidelines, interview guidelines, and documentation. Sources of data from this study are from the results of interviews with 1 person SKB head, 1 person acting head, 1 person manager, 3 tutors and 3 students. The research results that the author can conclude are. 1) The application of the principle of RAMP 2 FAME can provide great benefits in the learning process for students and in the teaching process for tutors, the benefits of which students can easily understand a subject given by the tutor, and are able to motivate students to have enthusiasm will learn and have knowledge of the importance of an Education. 2) supporting factors in the implementation of adult learning programs in the Package C equality program at the Serang District SKB are the availability of classrooms for learning and a conducive learning environment. while the inhibiting factors are manuals and guidelines that are less complete and age factors.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 12:37
Last Modified: 17 Nov 2021 12:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item View Item