Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SMKN 2 KOTA SERANG ( Studi Deskriptif Analitis di SMKN 2 Kota Serang Tahun Pelajaran 2017/2018 )

Dwi Cahyadi, Indra (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SMKN 2 KOTA SERANG ( Studi Deskriptif Analitis di SMKN 2 Kota Serang Tahun Pelajaran 2017/2018 ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SMKN 2 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, (1) Proses implementasi nilai- nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Kota Serang (2) Nilai Pancasila yang dikembangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Kota Serang (3) Kendala apa saja yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMK Negeri 2 kota Serang (4) Solusi dalam mengatasi kendala implementasi nilai-nilai Pancasila di kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMK Negeri 2 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau cara kuantifikasi. Subyek penelitian yaitu Pembina Pramuka serta anggota Pramuka SMK Negeri 2 Kota Serang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket sebagai data tambahan. Validitas data melalui triangulasi teknik dengan mengajukan berbagai macam variasi pertanyaan, mengeceknya dengan berbagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Kota Serang dapat dilihat melalui program-program yang dibentuk dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Implementasi nilai Ketuhanan tampak terlihat dari ketaatan anggota pramuka dalam mengamalkan ajaran-ajaran Agama. Implementasi nilai kemanusiaan tampak dari rasa kasih sayang antar anggota pramuka. Implementasi nilai Persatuan tampak kegiatan yang dilakukan selalu mengedepankan rasa kebersamaan. Implementasi nilai kerakyatan tampak dari terjaganya demokrasi dalam kegiatan kepramukaan. Nilai keadilan tampak dari tingkat toleransi anggota pramuka, serta Pembina pramuka yang bersikap adil. Implementasi nilai-nilai Pancasila sudah berjalan cukup baik namun terdapat kendala yang muncul yaitu kurangnya dukungan orang tua, tidak adanya tenaga pengajar, sarana prasarana dan motivasi diri beberapa siswa yang mentalnya masih lemah sehingga enggan mengikuti kegiatan kepramukaan dan lingkungan di luar sekolah yang kurang mendukung. Solusinya yaitu dengan menggunakan metode yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didik, sehingga berminat untuk mengikuti kegiatan kepramukaan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorSugiana Fitrayadi, DinarUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to find out about, (1) the process of implementation of the values of Pancasila in extracurricular activities of Scouting in SMK Negeri 2 Serang (2) Values of Pancasila which developed in the extracurricular activities of Scouting in SMK Negeri 2 Serang (3) what are the Obstacles encountered in implementing the values of Pancasila in extracurricular activities Scouts SMK Negeri 2 Serang (4) solution implementation constraints in the values of Pancasila in extracurricular activities Scout SMK Negeri 2 Serang. This type of research is qualitative research, namely the results of his findings are not obtained through a statistical procedure or way of quantification. The subject of research, namely Pembina as well as members of the Scout SMK Negeri 2 Serang. Engineering data collection done by observation, interviews, documentation and question form as additional data. The validity of the data through the triangulation technique by asking a variety of questions, check with the variations with different data sources. The results of this study showed that the process of implementation of the values of Pancasila in extracurricular activities of Scouting in SMK Negeri 2 Serang can be seen through the programmes established and activities that have been implemented. The implementation of the value of the Godhead seem apparent from the obedience of the members of the Girl Scouts in practice the teachings of the religion. The implementation of the humanitarian values of the looks of the affections between members of the Boy Scouts. The implementation of the value of Unity seemed activities performed always puts a sense of community. The implementation of populist values looks of terjaganya democracy in scouting activities. The value of Justice looks from the level of members of the Boy Scouts, as well as tolerance Pembina that be fair. The values of Pancasila implementation already running is pretty good but there are obstacles that appear, namely the lack of support of older people, the absence of teachers, infrastructure and self motivation some students whose mental state is still weak so reluctant follow scouting activities and environment outside of school are less supportive. The solution is to use methods that are fun and easy to understand by learners, so interested to follow the scouting activities.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 12:33
Last Modified: 17 Nov 2021 12:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7478

Actions (login required)

View Item View Item