Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

FEBRIANTI, REVA (2019) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan eksperimen murni sebagai metode penelitian dengan desain posttest only control group . Sebelum melakukan penelitian peneliti mempersiapkan instrument tes terlebih dahulu, dimana instrument tes ini diberikan kepada kelas yang lebih tinggi, setelah itu dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah tes dinyatakan valid dan reliabel, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dinyatakan normal dan homogen, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung < t tabel, yaitu sebesar 0.000 <0.05, hal ini sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, Ha diterima dan berarti bahwa terdapat perbedaan antara pengaruh hasil belajar sosiologi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan perolehan F-hitung 19.312 > F-tabel 3.98.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorKuntari, SeptiUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine the increase in learning outcomes by using a model of jigsaw cooperative learning. In this study researchers used pure experiments as a research method with a posttest only control group design. Before conducting the research the researcher had prepared the test instrument first, where the test instrument was given to the higher class, after that it was continued with the validity test and reliability test. After the test was declared valid and reliable, then proceed with the normality test and homogeneity test. After the data was declared normal and homogeneous, then it was followed by hypothesis testing using the t- test. From the results of the hypothesis using the t-test obtained value of t arithmetic <t table, which is equal to 0.000 <0.05, this is in accordance with the decision-making in the t-test, it can be concluded that Ho is rejected, Ha is accepted and means that there are differences between the effects of learning outcomes sociology of students in the control class and experimental class, with the acquisition of F-count 19,312> F-table 3.98.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 12:30
Last Modified: 17 Nov 2021 12:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7477

Actions (login required)

View Item View Item