SISTEM PERANCANGAN CONVEYOR MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY PR18-8DN PADA WOOD SANDING MACHINE

  • Didik Aribowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Indonesia
  • Desmira Desmira Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Indonesia
  • Ratna Ekawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Indonesia
  • Nidaur Rahmah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Indonesia
Keywords: Kata kunci: Conveyor, Proximity sensor, wood sanding machine

Abstract

Wood sanding machine mesin pengamplas kayu biasanya digunakan dalam skala kecil maupun juga skala industri. Dalam pengembangan wood sanding machine yang telah dibuat sebelumnya diperlukan penambahan conveyor yang digunakan sebagai pembawa bahan baku yaitu kayu sehingga lebih efisien dalam proses produksinya. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, studi lapangan, proses perancangan serta proses manufaktur. Pada hasil penelitian telah dibuat, conveyor pada wood sanding machine dengan sistem penggerak motor stepper didapatkan hasil perbedaan kecepatan conveyor tanpa beban dan dengan beban sebesar 0,025 – 0,014 m/detik. Bagian perancangan conveyor atau komponennya yaitu motor stepper, gear sprocket penggerak, penyetel belt dan belt conveyor.  Sistem bantuan sensor otomatis digunakan untuk mendeteksi dan memantau kecepatan permainan. Sensor untuk sistem ini menggunakan sensor jarak induktif proximity sensor merupakan sebagai alat pendeteksi barang yang melewati sensor tersebut dan juga sebagai sistem bantuan otomatis yang akan menggerakkan dan memberhentikan wood sanding machine tersebut. Jarak sensor proximity untuk mendeteksi sebuah benda yang melewati sensor tersebut yaitu 6 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. L., dan Kholis, N. (2012). Pengembangan Trainer Driver Dan Display Status Kerja Motor Dengan Mikrokontroller Atmega8535 Berbasis Code Vision AVR Dalam Merakit Peralatan Dan Perangkat Elektronik Sistem Pengendali Elektronika Di SMK Negeri 2 BojonegoroTitle. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1–10.

Aosoby, R. (2016). Perancangan Belt Conveyor sebagai Pengangkut Batubara dengan Kapasitas 2700 Ton/Jam. Jurnal Teknik Mesin, vol 3 no 1, 45–51.

Budiarso, Z. (2011). Sistem Monitoring Tingkat Ketinggian Air Bendungan Bebasis Mikrokontroller. Jurnal Dinamika Informatika, vol 3 no 1.

Dedi Ali Sa’ad, D. (2020). Pengaruh Temperatur Operasi dan Jenis Perekat Terhadap Kekuatan Geser Sambungan Rekat. Jurnal Mesin Sains Terapan, Vol. 4 No., 23–28.

Eni Yuliza, T. U. (2015). Alat Keamanan Pintu Brankas Berbasis Sensor Sidik Jari dan Pasword Digital dengan Menggunakan Sensor. Jurnal Media Infotama, Vol. 11 No, 1-10.

Hidayatulloh, A. (2020). Prototype Belt Coveyor Menggunakan Sensor Proximity Berbasis Arduino Yang Digunakan Pada Industri Kerupuk Khas Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Novella Febriana, Y. dkk. (2017). Pembuatan Pengukur Tekanan Pada Klem Arteri Mosquito. Pillar of Physics, Vol. 9, 25–32.

Raharjo, R. (2012). Rancang bangun Belt Conveyor Trainner sebagai alat bantu pembelajaran. Jurnal Teknik Mesin (JTM), vol 1 No 2, 15–26.

Setyawan, S. P. (2017). Pengantar Teknologi Sensor. UB Press.

Sigit, N. U. dkk. (2019). Rancang Bangun Conveyor Mesin Planer Kayu dengan Sistem Penggerak Motor Stepper. Jurnal CRANKSHAFT, Vol 2 No.1, 43–48.

Wilyanti, S. dkk. (2019). Conveyor Control System Product Calculation Based On Programmable Logic Controller. Jurnal Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol 8, No, 33–39.

Published
2021-07-14
How to Cite
Aribowo, D., Desmira, D., Ekawati, R., & Rahmah, N. (2021). SISTEM PERANCANGAN CONVEYOR MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY PR18-8DN PADA WOOD SANDING MACHINE. EDUSAINTEK: JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(1), 67-81. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.146
Section
Articles