Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF BERALASAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

JULAEHA, SITI (2016) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF BERALASAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF BERALASAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP P.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

This research aimed to develop an objective reasoned test to measure of creative thinking abilities for senior high school students on environmental pollution concept. This study was modified a research and development by Thiagarajan et al. (1974) with define, design, and develop stages. Develop was performed by limitation on ten students of SMA Prisma Kota Serang in grade XI IPA 2. Data collection techniques consisted of interview, literature studies, and questionnaires. Data analysis were qualitative and quantitative form of assessment on the feasibility test by expert team, the students respond through the test, the analysis of the level of differences and difficulty, and also reliability of the test. The results showed that the assessment of expert team were 82% of very decent, the student respond through the objective reasoned test were 72% of positive, the analysis of the level of difficulty was 93% of very good, differences analysis of objective reasoned test was 47% of good enough, the reliability of the test was 0.16. Based on these results it could be concluded that the objective reasoned test was able to measure of creative thinking abilities for senior high school students on environmental pollution concept.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOktorida Khastini, RidaUNSPECIFIED
Thesis advisorDian Aprelia Resti, VicaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif beralasan yang layak untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada konsep Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research And Development) hasil modifikasi Thiagarajan et al. (1974), dengan tahapan yang meliputi define, desain, dan develop. Pada tahapan develop, hanya dilakukan sampai uji coba terbatas kepada sepuluh orang siswa SMA Prisma Kota Serang kelas XI IPA 2. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, studi literatur, dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif berupa penilaian kelayakan tes dari tim ahli, tanggapan siswa terhadap tes, analisis tingkat kesukaran, daya beda tes objektif, dan reliabilitas tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian tim ahli adalah 82 % dengan kategori sangat layak, tanggapan siswa terhadap tes objektif beralasan adalah 72% dengan kategori positif, analisis tingkat kesukaran adalah 93% dengan kategori sangat baik, analisis daya beda tes objektif adalah 47% dengan kategori cukup baik, reliabilitas tes adalah 0,16. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tes objektif beralasan yang dikembangkan layak untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada konsep Pencemaran Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 11:25
Last Modified: 17 Nov 2021 11:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item