Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KABUPATEN PANDEGLANG

APRIANSYAH, WAHYU (2016) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KABUPATEN PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (WAHYU APRIANSYAH - 2016)
Skripsi - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wahyu Apriansyah. 6661090662. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Pandeglang. Program Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I : Drs. Hasuri, M.Si, dan Pembimbing II: Rini Handayani, M.Si. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya diskriminasi terhadap pemberian pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh pelaksana teknis DISDUKCAPIL Kabupaten Pandeglang dan pelaksana teknis yang kurang memahami Tupoksinya. Tujuan penelitian yakni mengetahui seberapa besar nilai kumulatif indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh DISDUKCAPIL Kabupaten Pandeglang kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pijakan dari Kepmenpan RB No 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan cukup baik dengan nilai 60,77 terhadap pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang, namun masih terdapat salah satu indikator dengan nilai yang kurang baik sebesar 1,96 yakni dari faktor diskriminasi terhadap pemberian pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang. Saran dalam penelitian perlu dilakukan pengarahan yang baik terhadap seluruh pelaksana teknis terhadap Tupoksi sebagai pelayan masyarakat, kemudian perlu adanya sanksi yang tegas terhadap pelaskana teknis yang melakukan tindakan diskriminasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan terakhir adanya pemberian apresiasi kepada pelaksana teknis atas pelayanan yang diberikan dengan baik kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di masa mendatang. Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Wahyu Apriansyah. 6661090662. Research. Analysis index of community satisfaction to the public service at Population and Civil Registries Agencies (DISDUKCAPIL) Pandeglang District. Departement of Public Administration, Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 1st Advisor: Drs. Hasuri, M.Si, and 2nd Advisor: Rini Handayani, M.Si. The backgrounds of this research are existence of discrimination against provision of services to the community The backgrounds of this research are existence of discrimination against provision of services to the community Conducted by technical disdukcapil pandeglang district and technical execution are less to understand tupoksinya. Research objectives are to know how much the value of the cumulative community satisfaction index to the public given by disdukcapil pandeglang district to the community pandeglang district. This research using the basis of KEPMENPAN RB No 16 years 2014 about guidelines survey of community satisfaction on the public service. The methodology used is the quantitative method. The research results show good with the value of 60,77 Against the service to the community of pandeglang district, but there are still one of the indicator with less good of 1,96 From the discrimination against the public services pandeglang district. Advice in research necessary briefing good to all of their technical as public servants, then need of strict sanctions for the pelaskana technical who performs an action discrimination Against services provided to the public And last of the appreciation to technical as the provision of services well to society to will increase the quality of community service in the future. Key Words: Community satisfaction index.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:53
Last Modified: 16 Feb 2017 08:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item