INAYATI, IIN (2019) HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN CIPOCOK JAYA BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Cipocok Jaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN CIPOCOK JAYA BERDASARKAN AKREDITASI SEKOLAH.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri yang disebabkan oleh beberapa faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal berasal dari luar diri siswa, seperti metode dan strategi pembelajaran. Sementara faktor internal atau yang berasal dari dalam diri siswa, seperti emosi dan kecemasan siswa terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika di SMP Negeri berdasarkan akreditasi sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Se-Kecamatan Cipocok Jaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menjadikan 3 kelompok sebagai sampel, yaitu Sekolah Akreditasi A, Sekolah Akreditasi B, dan Sekolah Akreditasi C di Kecamatan Cipocok Jaya. Data yang dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Cipocok Jaya dengan akreditasi sekolah A memiliki hubungan yang negatif dan signifikan serta tergolong dalam kriteria rendah yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,315 dan p < 0,05. 2) hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Cipocok Jaya dengan akreditasi sekolah B memiliki hubungan yang negatif dan signifikan serta tergolong dalam kriteria sedang sebesar -0,456 dan p < 0,05. 3) hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Cipocok Jaya dengan akreditasi sekolah C memiliki hubungan yang positif dan signifikan serta tergolong dalam kriteria sedang sebesar 0,532 dan p < 0,05. 4) Terdapat perbedaan rata-rata kecemasan matematis siswa kelas VIII SMP Negeri sekolah akreditasi A, B, dan C di Kecamatan Cipocok Jaya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research is motivated by the poor performance of student learning in Junior High School which is caused by severalexternal and internal factors. External factors coming from outside the student, such as methods and learning strategies. While internal factors comes from within the students, such as emotions and anxiety, especially in mathematics. Thisresearch aims to determine The Relationship Between Mathematical Anxiety and Student's Mathematics Learning Results of 8th Grade in Junior High School in Sub-District Cipocok Jaya Based on School Accreditation. This research was conducted in Junior High School of Cipocok Jaya sub-district in academic year 2019/2020. The research method is descriptive quantitative by making the three groups based on school accreditation, such as school accreditation A, B, and C in Cipocok Jaya Sub- District's School. Data were collected by using questionnaires and documentation. The results of this research shows that: 1) The relationship between mathematical anxiety with mathematics learning results in eighth grade of Junior High School's students in Cipocok Jaya Sub-District with school accreditation A has a negative and significant as indicated by the value of the correlation coefficient of -0.315 and p <0.05. 2) The relationship between mathematical anxiety with mathematics learning results in eighth grade of Junior High School's Students in Cipocok Jaya Sub-District with school accreditation B has a negative and significant as indicated by the value of the correlation coefficient of -0.456 and p <0.05. 3) The relationship between mathematical anxiety with mathematics learning resultsin eighth grade of Junior High School's Students in Cipocok Jaya Sub-District with school accreditation C has apositif and significant correlation as indicated by the value of the correlation coefficient of 0.532 and p <0.05. 4) There is a difference in the average of mathematical anxiety in eighth grade of junior high school's students based on school accreditation A, B, and C in Cipocok Jaya Sub-District. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2021 11:28 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2021 11:28 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7444 |
Actions (login required)
View Item |