Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN MOLUSKA DI PULAU TUNDA SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA DI KELAS X SMA

RIDHO, RASYID (2018) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN MOLUSKA DI PULAU TUNDA SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA DI KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN MOLUSKA DI PULAU TUNDA SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA DI KELAS X SMA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

The aims of this research are to develop feasible printed teaching learning resource in form mollusk biodiversity pocketbook based on Tunda Island mollusk diversity for invertebrate sub-concept and to assess pocketbook based on material and media aspects. This research uses research and development (R&D) method with 3-D (define, design, and develop) research design. The data collected by using expert assessment sheet and student response sheet with the criteria are feasibility of content, presentation, language, and graphing. The exploration result obtained 45 mollusk species include 29 species gastropods and 16 species bivalve. The mollusk biodiversity indexs in Tunda Island on 5 transect in a row are 3,194; 3,280; 3,331; 3,215; dan 3,135 so that the categori is “high” and the categori of water quality based on the index is “polluted very light”. Result of the mollusk exploration in Tunda Island used as content materials in pocketbook development. Based on experts assessment pocketbook was 82,6% with category very good and feasible to use. Result of student response, pocketbook was 83,9% with category very good and feasible to use as teaching learning resourcel for 10th grade of senior high school.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyuni, IndriaUNSPECIFIED
Thesis advisorEkanara, BambangUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar cetak yang layak digunakan berupa buku saku keanekaragaman moluska hasil dari eksplorasi di Pulau Tunda pada subkonsep invertebrata dan untuk mengetahui kualitas buku saku berdasarkan aspek materi dan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model 3-D (define, design, dan develop). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kelayakan buku saku dengan kriteria kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikaan serta angket respon siswa. Berdasarkan hasil eksplorasi diperoleh 45 jenis moluska yaitu 29 gastropoda dan 14 bivalvia. Indeks keanekaragaman jenis moluska di Pulau Tunda pada 5 transek berturut-turut adalah 3,194; 3,280; 3,331; 3,215; dan 3,135 sehingga masuk dalam kategori tinggi dan kriteria kualitas perairan berdasarkan indeks tersebut adalah tercemar sangat ringan. Hasil eksplorasi keanekaragaman moluska di Pulau Tunda tersebut digunakan sebagai konten dalam pengembangan buku saku. Hasil penelitian berdasarkan uji ahli materi dan media mendapatkan niali rata-rata sebesar 82,6% dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan. Hasil uji respon siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 83,9% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada subkonsep invertebrata kelas X SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 11:37
Last Modified: 17 Nov 2021 11:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7439

Actions (login required)

View Item View Item