Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

SHOFWAH, NURUL (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIKTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

NURUL SHOFWAH. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri (Suatu Penelitian Pengembangan tahun ajaran 2016/2017). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis pada bahasan trigonometri untuk SMA kelas X dengan kriteria valid menurut para ahli dan mempunyai respon baik dari para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 3-D yang meliputi define, design¸ develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis ujung depan; b) analisis siswa; c) analisis tugas; d) analisis konsep; dan e) perumusan tujuan pemelajaran. Tahap design terdiri dari: a) perancangan bahan ajar; b) perancangan lembar uji ahli dan angket respon siswa. Pada tahap develop terdiri dari: a) validasi bahan ajar oleh ahli matematika, ahli pendidikan, dan ahli media; b) uji cba bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada bahasan trigonometri untuk SMA kelas X. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli matematika, ahli pendidikan dan ahli media, bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata 82,41 dan memiliki kriteria baik pada respon para siswa dengan rata-rata 83,63. Kata kunci: pengembangan bahan ajar, pendekatan saintifik, penalaran matematis, trigonometri

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiyani, YaniUNSPECIFIED
Additional Information: NURUL SHOFWAH. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri (Suatu Penelitian Pengembangan tahun ajaran 2016/2017). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis pada bahasan trigonometri untuk SMA kelas X dengan kriteria valid menurut para ahli dan mempunyai respon baik dari para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 3-D yang meliputi define, design¸ develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis ujung depan; b) analisis siswa; c) analisis tugas; d) analisis konsep; dan e) perumusan tujuan pemelajaran. Tahap design terdiri dari: a) perancangan bahan ajar; b) perancangan lembar uji ahli dan angket respon siswa. Pada tahap develop terdiri dari: a) validasi bahan ajar oleh ahli matematika, ahli pendidikan, dan ahli media; b) uji cba bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada bahasan trigonometri untuk SMA kelas X. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli matematika, ahli pendidikan dan ahli media, bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata 82,41 dan memiliki kriteria baik pada respon para siswa dengan rata-rata 83,63. Kata kunci: pengembangan bahan ajar, pendekatan saintifik, penalaran matematis, trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 10:35
Last Modified: 17 Nov 2021 10:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7409

Actions (login required)

View Item View Item