Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Handayani, Susi (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

This study aims to develop interactive multimedia-based teaching materials for science subjects in the topic of animal classification based on the type of food. The method used in this study is Research and Development (R & D) with 3D design namely Define, Design, and Develop. Instrument in the study was the questionnaire of the feasibility test by the expert team, the student response questionnaire used a Likert scale. and questionnaire on the effectiveness of student learning. The results of the feasibility test by material experts amounted to 82.46% with a very feasible category and a media expert test of 90,5% with a very feasible category. Limited trials were carried out on fourth grade students of SDN Panancangan 4 in semester 1 of 2018/2019 Academic Year. The results of the students 'response test scores were 92.84% with very good categories, and for the results of questionnaire students' learning effectiveness was 76.06% with very effective categories. Based on the results of expert testing and limited testing of students, interactive multimedia-based teaching materials developed are worthy of being used as teaching materials in the topic animal classification based on the type of food.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA pada topik Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain 3D yaitu Define, Design, dan Develop. Instrument dalam penelitian adalah angket uji kelayakan oleh tim ahli, angket respon siswa menggunakan skala likert. angket efektivitas pembelajaran siswa. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 82,46% dengan kategori sangat layak dan uji ahli media sebesar 90,5% dengan kategori sangat layak. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas IV SDN Panancangan 4 pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil nilai uji respon siswa adalah 92,84% dengan kategori sangat baik, dan untuk hasil uji angket efektivitas pembelajaran siswa sebesar 76,06% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji terbatas pada siswa, bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak dijadikan sebagai bahan ajar pada topik penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 10:04
Last Modified: 17 Nov 2021 10:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7384

Actions (login required)

View Item View Item