Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA CILEGON

KARINA, RISKA (2016) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
RISKA KARINA-6661102724 OK - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Riska Karina. NIM. 102724. Skripsi. Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon. Pembimbing I : Ipah Ema Jumiati, S.IP., M.Si dan Pembimbing II : Arenawati, M.Si Sebagai lembaga pelayanan publik milik pemerintah, RSUD Kota Cilegon berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat. Fokus penelitian pada pelayanan pasien rawat inap di kelas III, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan pada pasien rawat inap kelas III di RSUD Kota Cilegon. Penelitian menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan (SERVQUAL) menurut Parasuraman yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, kuisioner penelitian dibagikan pada 95 responden dari pasien rawat inap kelas III dengan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kota Cilegon saat ini sudah sangat baik yaitu sebesar 75,9%. Jaminan dan keandalan yang diberikan pihak RSUD Kota Cilegon menjadi dimensi dengan nilai tertinggi pada kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kota Cilegon. Sementara empati, daya tanggap dan bukti fisik menjadi dimensi dengan nilai lebih rendah karena kondisi lingkungan rumah sakit yang kurang terawatt. Bukti fisik seperti kondisi lingkungan, kelengkapan fasilitas pelayanan, dan tampak fisik bangunan rumah sakit disarankan agar lebih dievaluasi dan diperhatikan kelayakannya agar tetap bisa memberikan pelayanan maksimal pada pasien khususnya di ruang rawat inap kelas III. Untuk meningkatkan daya tanggap tenaga medis disarankan untuk mengadakan pelatihan di bidang sumber daya manusia. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Teori SERVQUAL

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJUMIATI, IPAH EMAUNSPECIFIED
Thesis advisorARENAWATI, ARENAWATIUNSPECIFIED
Additional Information: Riska Karina. NIM. 102724. Essay. Quality of Health Services on Inpatient Class III at General Hospital Cilegon Government. Preceptor I: Ipah Ema Jumiati, S.IP., M.Si and Preceptor II: Arenawati, M.Si As a government-owned public service, RSUD Cilegon is committed to providing a quality service to the community. The focus of research at the service of hospitalized patients in class III, this study aims to determine the quality of health care in hospitalized patients class III in General Hospital Cilegon Government. Research using the theory of five dimensions of service quality (SERVQUAL) by Parasuraman consisting of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. By using the quantitative research methods, the research questionnaire distributed to 95 respondents of hospitalized patients class III with random sampling method. The results showed the quality of health services in General Hospital Cilegon Government is now very good, that amounted to 75.9%. Guarantee and reliability provided by the General Hospital Cilegon Government into a dimension with the highest value on the quality of health services in General Hospital Cilegon Government. While empathy, responsiveness and tangibles become dimension with a lower value due to environmental conditions that are less managed. Tangibles such as environmental conditions, completeness of service facilities, and seemed physically hospital buildings is suggested that further evaluated and considered their feasibility in order to remain able to provide maximum services to patients, especially in the inpatient unit class III. To increase the responsiveness of medical personnel are advised to conduct training in the field of human resources Keywords : Quality Service, SERVQUAL Theory
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:26
Last Modified: 21 Apr 2022 10:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item