Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP

MAR’ATU SOLIHAT, ITA (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROCH PADA KONSEP HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemberlakuan kurikulum 2013 di Indonesia yang menekankan pada penggunaan scientific approach dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar berbasis scientific approach sangat diperlukan. Dengan menggunakan multimedia dalam cara penyajian untuk konsep himpunan sehingga terdapat hubungan timbal balik antara bahan ajar dengan user, maka produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbasis scientific approach pada konsep himpunan untuk siswa SMP. Desain penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan tujuh dari sepuluh tahap penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Tahap uji coba lapangan awal adalah uji coba ahli dari matematika, multimedia, dan pendidikan yang semuanya berasal dari lingkungan jurusan Pendidikan Matematika UNTIRTA. Tahap uji coba lapangan merupakan uji coba terbatas yang dilakukan oleh sepuluh orang siswa SMP di Kota Serang yang dipilih secara acak. Hasil dari uji coba lapangan awal, menurut ahli matematika produk dalam klasifikasi sangat baik dengan presentase 90%, ahli multimedia menunjukkan produk dalam klasifikasi sangat baik dengan presentase 90%, dan ahli pendidikan menunjukkan produk dalam klasifikasi sangat baik dengan presentase 90%. Untuk hasil uji coba lapangan yaitu uji coba terbatas menempatkan produk dalam klasifikasi baik dengan presentase 80,5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis scientific approach yang telah dikembangkan mendapat hasil yang baik dan siswa pun memberikan respon positif terhadap bahan ajar tersebut. Hal ini menjadikan bahan ajar yang telah dikembangkan menjadi layak untuk digunakan dalam membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, HeniUNSPECIFIED
Thesis advisorSudiana, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2021 09:52
Last Modified: 17 Nov 2021 09:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item