Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR.ADJIDARMO KABUPATEN LEBAK

Dhikasongko, Derry Bagus and Rahmawati, Rahmawati and Cadith, Juliannes (2016) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR.ADJIDARMO KABUPATEN LEBAK. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR.ADJIDARMO KABUPATEN LEBAK - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

DERRY BAGUS DHIKASONGKO, NIM. 6661092060. 2016. Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Adjidarmo Kabupaten Lebak. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Rahmawati, S.Sos, M.si. Pembimbing II Jullianes Cadith S.Sos, M.Si. Penelitian ini membahas mengenai Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Adjidarmo Kabupaten Lebak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Adjidarmo Kabupaten Lebak ditinjau dari dimensi Tangibles, Realibility, Responsiveness, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communication dan Understanding the customer . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 100 responden. Responden dari penelitian ini adalah pasien yang berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Adjidarmo Kabupaten Lebak. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Untuk pengolahan dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji pihak kanan. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan kesehatan pasien di RSUD dr. Adjidarmo belum baik. Hal itu dapat dilihat dari nilai thitung lebih kecil dibandingkan dengan nilai ttabel (- 25,154 < 1,645) yang didukung dengan hasil pencapaian skor 55,66% dari angka minimal 60%. Jadi kesimpulannya adalah kualitas pelayanan kesehatan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak belum baik. Saran dari peneliti indikator tangibles dapat ditingkatkan lagi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
Thesis advisorCADITH, JULIANNESUNSPECIFIED
Additional Information: DERRY BAGUS DHIKASONGKO, NIM. 6661092060. Quality Of Public Services at the Regional General Hospital (Hospital) Dr.Adjidarmo Lebak. The study program of Public Administration. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Supervisor I Rahmawati, S.Sos, M.Sc. Supervisor II Jullianes Cadith S.Sos, M.Sc. This study discusses the Quality of Public Services at the Regional General Hospital (Hospital) Dr.Adjidarmo Lebak. The purpose of this study was to determine how the Quality of Health Care Patients in General Hospital (Hospital) Dr.Adjidarmo Lebak terms of the dimension Tangibles, Realibility, Responsiveness, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communication and Understanding the customer. The method used in this research is descriptive quantitative method. Data obtained by distributing questionnaires, questionnaires were distributed to 100 respondents. Respondents of this study are patients who seek treatment at the General Hospital (Hospital) Dr.Adjidarmo Lebak. The analysis technique used is the technique of analysis Service Quality (SERVQUAL). For data processing and analysis using validity, reliability test, normality test, t-test, and the test right. Results from this study is the quality of health service patients in Hospital dr. Adjidarmo yet either. It can be seen from tcount smaller than the value t table (- 25.154 <1.645), which is supported by the results of the achievement score of 55.66% on the figure of at least 60%. So the conclusion is the quality of health care of patients at the General Hospital (Hospital) dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak yet either. Advice from researchers tangibles indicators can be improved further. Keywords: Service Quality, SERVQUAL
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:21
Last Modified: 21 Apr 2022 10:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item