Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PANDEGLANG

Aulia, Arrum (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PANDEGLANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study was directed to dtermine the effect of the use of vide media and image media on short story writing skills of class XI students of SMA Negeri 3 Pandeglang. The formulation of the problem in this study is “Does the use of video media affect short story writing skills of class XI students of SMA Negeri 3 pandeglang?”, Does the use of picture media affect the short story writing skills of class XI students of SMA Negeri 3 pandeglang?”, and “are there significant differences between short story writing skills in class XI students of class XI students of SMA Negeri 3 pandeglang using video media and image media?”. The purpose of this study is “To determine the effect of video media use on short story writing skills of class XI student of SMA Negeri 3 pandeglang”, “To find out the effect of using picture media on short story writing skills of class XI student of SMA Negeri 3 Pandeglang”, and “To find out the difference between short story writing skills using video media and media images of clas XI SMA Negeri 3 Pandeglang”. This study uses an experimental method with the Pretest-Posttest Control Group Design, that is research data analysis, it was concluded that the learning outcomes of short story writing students using video media goat an average score of 67,4 posttest pretest 76,4. The use of image media received an avarage score of 61,85 posttest pretest 69,6. Based on these data, the in crease in result of video media use is higher than the image media with a difference of 6,8 points. The results of this study state that video media is more influential than the image media on short story writing skills of clas XI SMA Negeri 3 Pandeglang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Thesis advisorTustiantina, DianaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dan media gambar terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penggunaan media video berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang?”, “Apakah penggunaan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang?”, dan “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang dengan menggunakan media video dan media gambar?”. Tujuan penelitian ini yaitu “Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang”, “Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang”, dan “Untuk mengetahui perbedaan antara keterampilan menulis cerita pendek dengan menggunakan media video dan media gambar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan hasil belajar menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan media video mendapat nilai rata-rata pretest 67,4 posttest 76,4. Penggunaan media gambar mendapat nilai rata-rata pretest 61,85 posttest 69,6. Berdasarkan data tersebut, peningkatan hasil penggunaan media video lebih tinggi dibandingkan dengan media gambar dengan selisih nilai 6,8 poin. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media video lebih berpengaruh dibandingkan dengan media gambar terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pandeglang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 14:19
Last Modified: 16 Nov 2021 14:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7188

Actions (login required)

View Item View Item