Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI FINDING DORY (EKSPERIMEN) DAN MEDIA GAMBAR (KONTROL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMK AL-FALAH KEBONJATI BAROS TAHUN AJARAN 2017/2018

HASIBUDIN, HASIBUDIN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI FINDING DORY (EKSPERIMEN) DAN MEDIA GAMBAR (KONTROL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMK AL-FALAH KEBONJATI BAROS TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI FINDING DORY (EKSPERIMEN) DAN MEDIA GAMBAR (KONTROL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMK AL FALAH KEBON JATI BAROS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMK Al-falah kebonjati Baros. Media film animasi Finding Dory dan media gambar merupakan salah satu alat pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa dalam pembelajaran menulis cerpen dengan kedua media tersebut diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menulis cerpen. Dengan film animasi Finding Dory dan media gambar ini, siswa dapat mengembangkan ide dan gagasan pikiran siswa sehingga menjadi sebuah cerpen yang mampu merangsang daya pikir siswa dalam merangkai kata-kata. Metode penelitian yang dugunakan adalah metode true eksperimental dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Al-Falah Kebonjati Baros. Sampel Penelitian adalah kelas X Multimedia dan X Akuntansi sampel yang diambil dari kedua kelas adalah masingmasing 30. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan bentuk perintah menulis cerpen. Teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat data yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan teknik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran film animasi Finding Dory dan gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X Al-Falah Kebonjati Baros. Tetapi dari hasil kedua media tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara media film animasi Finding Dory dengan media gambar. Misalnya terlihat pada perbedaan kemampuan menulis kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dapat dilihat dari skor rata-rata masing-masing kelompok. Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 66,00. Sedangkan pada kelompok kontrol diketahui rata-rata sebesar 59,50. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media film animasi Finding Dory sangat mempengaruhi dalam pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, TatuUNSPECIFIED
Thesis advisorSolihat, IlmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 14:15
Last Modified: 16 Nov 2021 14:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7187

Actions (login required)

View Item View Item