Husnul Huluki, Tanti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI DI SMAN 1 BOJONEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH SAINS SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI DI SMAN 1 BOJONEGARA.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
This studies aimed to determine the effect of Sains magazine as a source of learning in the learning outcomes students class XI on the concept of System Reproduction in SMAN 1 Bojonegara. This research was quasi-experimental that use randomized control group pretest-posttest design. The population in this research were all students of class XI IPA SMAN 1 Bojonegara, the sample consisted of two classes, class XI IPA 1 as an experimental class and the class of XI IPA 2 as the control class. The sampling techniques conducted by random sampling. Data were collected using cognitive abitity test with multiple choice, affective learning outcomes were measured by using a questionnaire while psychomotor learning outcomes by using student observation sheet. The result showed on the experimental class, the average score of students cognitive learning outcomes was 77,44 in the category good, the average score of affective learning outcomes was 80,64 in very high category, and psychomotor learning outcomes was 75,73 with the enough category. Based on the result of hypothesis analysis on the cognitive learning, affective, and psychomotor showed the significant value (α) < 0,05, which means that H0 is rejected, so H1 that there were an influence of using Sains Magazine toward student learning outcomes of students of class XI on the concept of System Reproduction in SMAN 1 Bojonegara.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan majalah sains sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Bojonegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian randomized control group preetets-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bojonegara, dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas, yaitu siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif siswa, angket untuk mengukur kemampuan afektif, dan lembar observasi untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 77,44 yang berada pada kategori baik, nilai rata-rata hasil belajar afektif sebesar 80,64 pada kategori sangat baik, dan hasil belajar psikomotorik sebesar 75,72 dengan kategori cukup. Berdasasrkan hasil uji hipotesis pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik masing-masing diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak, dengan demikian H1 bahwa penggunaan majalah sains sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep sistem reproduksi manusia di SMAN 1 Bojonegara. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2021 14:07 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2021 14:07 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7181 |
Actions (login required)
View Item |