Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Tirtayasa Kota Serang-Banten)

YULISTARI, NOVITA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Tirtayasa Kota Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Cognitive abality is part of the brain thinking process in receiving and processing the information received so that children are able to remember, understand and apply all of their knowledge in solving simple problems. This research is conducted in A group of kindergarten of Islam Tirtayasa Serang - Banten. The method that used in this research is Quasi - experimental with nonequivalent control group design. Sample in this research is 28 students. The researcher takes A1 group that consist of 14 students as an experiment class and A2 group that consist of 14 students as a control class. The instrument that used in this research is observe orientation of data analysis using spss 22 program. The result of the research indicates that the average of cognitive skill of control class in pre-test is 22,57. Beside, the experiment class is 23,92 and The average of students' cognitive skill in control class are increased in post-test in the amount of 2,00 % and the average of students' cognitive skill in experiment class are increased in post-test in the amount of 6,79%. It shows that there is the effect of using maze as educative games tools toward students cognitive skill in the age 4-5 years and the effect is 2.72%. so it can be concluded that the educational game maze can affect the cognitive abilitis of children aged 4-5 years in kindergarten Islam tirtayasa city Serang-Banten

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: Kemampuan kognitif merupakan bagian dari proses berfikir otak dalam menerima dan mengolah informasi yang diterima sehingga anak mampu untuk mengingat, memahami dan menerapkan segala pengetahuannya dalam memecahkan masalah sederhana untuk dapat menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif maze terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilakukan dikelompok A TK Islam Tirtayasa Kota Serang-Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desaign dengan sampel 28 anak. Kelompok A1 dengan sampel 14 anak sebagai kelas eksperimen dan kelompok A2 dengan sampel 14 anak sebagai kelas kontrol. instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi dengan analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan kognitif anak kelas kontrol saat pre-test sebesar 22,57 sementara kelas eksperimen sebesar 23,92 dan rata-rata kemampuan kognitif anak pada kelas kontrol meningkat saat post-testsebesar 2,00% dan rata-rata kemampuan kognitif anak pada kelas eksperimen meningkat saat post-test sebesar 6,79%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat permainan edukatif maze terhadap kemampuan kognitif anak usai 4-5 tahun dan pengaruh besarannya 2,72%. Maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif maze dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Islam Tirtayasa Kota SerangBanten
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 14:02
Last Modified: 16 Nov 2021 14:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7180

Actions (login required)

View Item View Item