Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK

NURUL AFIFAH, SITI (2019) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 adalah berbasis saintifik. Pembelajaran berbasis saintifik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah adalah pemahaman kognitif tentang proses berpikir yang dimiliki seseorang ketika menyelesaikan masalah. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah efikasi diri dan kecemasan matematis. Efikasi diri adalah keyakinan yang dimiliki individu terhadap kemampuan dirinya untuk menyelesaikan sesuatu sehingga ia dapat mencapai tujuan yang diharapkan dalam situasi apapun. Sedangkan kecemasan matematis merupakan sebuah respon negatif yang muncul pada diri seseorang saat menghadapi persoalan matematika atau pada saat melaksanakan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kecemasan matematis dengan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dalam pembelajaran berbasis saintifik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 72 siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cilegon tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian ini adalah angket efikasi diri, angket kecemasan matematis dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien regresi sebesar 22,1% (2) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 13% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan kecemasan matematis dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien determinasi sebesar 22,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatah, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorRafianti, IsnaUNSPECIFIED
Additional Information: The learning approach in Curriculum 2013 is scientific based learning. Scientific based learning is expected to improve student’s problem-solving ability. Problem- solving ability is cognitive understanding of the thinking process that a person has when solving problems. One of internal factors that can influence problem solving ability are self-efficacy and mathematical anxiety. Self-efficacy is the belief that an individual has towards his/her ability to solve something so he/she can achieve the expected goals in any situation. In the other side, mathematical anxiety is a negative response that arises in a person when facing mathematical problems or when carrying out mathematical learning. The aim of this research is to find out the correlation between self-efficacy and mathematical anxiety towards problem solving ability of VIII grade students in junior high school in scientific based learning. This research is categorized to quantitative research. This research involved 72 students of eighth grade in SMP Negeri 3 Cilegon in academic year 2018/2019. The instrument of this research are self-efficacy questionnaire, mathematical anxiety questionnaire and problem solving ability test. The results of this research are: (1) there is a positive and significant correlation between self- efficacy and problem-solving ability with a determination coefficient is 22,1% (2) there is a negative and significant correlation between mathematical anxiety and problem-solving ability with a determination coefficient is 13% (3) there is a significant correlation between self-efficacy and mathematical anxiety towards problem solving ability with determination coefficient is 22,4%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 12:56
Last Modified: 16 Nov 2021 12:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item