Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT STUDY SERTA IMPLIKASI BAGI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Korelasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019)

PUSPITA, WULAN (2019) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT STUDY SERTA IMPLIKASI BAGI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Korelasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT STUDY SERTA IMPLIKASI BAGI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan burnout study siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Serang dengan subyek 177 dari jumlah 318 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dalam menentukan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala dukungan sosial dan burnout study yang telah di validasi oleh dosen ahli dan diolah datanya menggunakan SPSS for windows seri 25.0. Diketahui memiliki hasil dari analisis korelasi sederhana (r) didapatkan korelasi antara hubungan dukungan sosial dengan burnout study adalah –0,619 dengan signifikasi 0,000<0,05. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan antara dukungan sosial dengan burnout study. Sedangkan arah hubungan adalah negatif karena nilai r negatif yang dapat dilihat dari nilai Pearson correlations yakni negatif, berati semakin tinggi pengaruh dukungan sosial maka semakin rendah tingkat burnout study yang dialami siswa. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,384 dapat diartikan bahwa dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 38,4% terhadap burnout study berarti masih ada 61,6% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRochani, RochaniUNSPECIFIED
Thesis advisorYunika Khairun, DeasyUNSPECIFIED
Additional Information: This study propose to cognize the relationship between social support and student burnout. The research using s a quantitative research with a type of correlational research. The population in this study were VII grade students in 3 Junior High School with 318 students subjects. This study uses a random sampling technique to decide the sample. The method of data collection in this study uses a scale of social support and a burnout study that has been validated by expert lecturers and processed using SPSS for Windows Series 25.0. Discover to have the results of a simple correlation analysis (r) it was found that the correlation between the relationship of social support and burnout study was -0.619 with a significance of 0,000 <0.05. This shows that there is a relationship between social support and burnout study. While the direction of the relationship is negative because the negative r value that can be seen from the pearson correlations value is negative, meaning that the higher the impact of social support, the lower the level of burnout study experienced by students. Determination value (R square) of 0.384 can be interpreted that social support provides an effective contribution of 38.4% to burnout study means there are still 61.6% caused by other variables not discussed in this research.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 12:54
Last Modified: 16 Nov 2021 12:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item