Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HIDDEN CURRICULUM NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MAN 2 KOTA SERANG

KHAERUNNISA, AIS (2019) HIDDEN CURRICULUM NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MAN 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HIDDEN CURRICULUM NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MAN 2 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan akan permasalahan yang menyangkut tindak pidana korupsi yang menjadi isu krusial di masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mencegah kasus korupsi melalui upaya preventif salah satunya dengan pendidikan antikorupsi. Melalui penanaman nilai antikorupsi mengantisipasi terjadinya kasus kecurangan atau korupsi diharapkan semakin berkurang di masa depan.. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam peran hidden curriculum dan penanaman nilai antikorupsi pada pembelajaran sosiologi di MAN 2 Kota Serang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data primer penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru sosiologi dan peserta didik, hasil dari observasi, serta sumber sekunder diperoleh dari berbagai studi dokumen, naskah, dan arsip yang berkaitan dengan pelaksanaan hidden curriculum nilai antikorupsi yang peneliti temukan di MAN 2 Kota Serang. Penelitian menunjukkan bahwa aspek dalam hidden curriculum terlaksana melalui kegiatan pembelajaran sosiologi dan ada sembilan nilai yang menjadi acuan yaitu tanggung jawab, kerja keras, jujur, berani, terbuka, sederhana, adil, peduli dan disiplin. Pelaksanaan belum berjalan maksimal karena berbagai faktor. Praktik hidden curriculum nilai antikorupsi di MAN 2 Kota Serang. Cukup berhasil dengan adanya kegiatan yang menunjang nilai antikorupsi. Kegiatan penunjang di sekolah yaitu dengan adanya boarding school, adanya organisasi PKS (patroli keamanan sekolah), sholat dhuha, tadarus Qur’an, 10 S (Senyum, Salam Sapa, Sopan Santun, Semangat Syukron, Solidaritas, Setian dan Sabar).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawan, RizkiUNSPECIFIED
Additional Information: The background of this research is the concern about the problems concerning corruption that are increasingly being carried out by Indonesian society. Various efforts have been made by governments and educational institutions to prevent corruption by preventive measures one of them with anti- corruption education. Through the planting of anti-corruption values in an effort to anticipate cases of fraud or corruption. This research was conducted in Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang. This study aims to be able to analyze and prove more in the role of hidden curriculum and anti-corruption value planting on sociology learning in MAN 2 Kota Serang. This research study uses a qualitative approach with descriptive analysis methods. The primary data source of this research obtained from direct interviews with informants consisting of the principal, waka curriculum, teacher of sociology and learners, the results of observation, as well as secondary sources obtained from various studies documents, manuscripts and archives relating to the implementation of the hidden curriculum the anti-corruption value that researchers found at MAN 2 in Serang City. Based on this analysis the researchers that the aspects of the hidden curriculum sociology decanted through learning activities and there are nine values is the reference that responsibility, hard work, honest, courageous, open, simple, fair, caring and disciplined. The implementation has not run optimally due to various factors. The practice of hidden curriculum anti-corruption values in MAN 2, Serang City. It is quite successful with activities that support anti- corruption values. Supporting activities at the school are boarding school, PKS organization (school security patrol), Dhuha prayer, tadarus Qur'an, 10 S (smiles, greetings, courtesy, enthusiasm, solidarity, loyalty and patience).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 12:52
Last Modified: 16 Nov 2021 12:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item