Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

FENOMENA BERBELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNTIRTA

AINIDEWI, NINDY (2019) FENOMENA BERBELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNTIRTA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
FENOMENA BERBELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNTIRTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perubahan teknologi komunikasi yang sangat cepat dan mengglobal telah memberikan perubahan secara signifikan. Jaringan sosial internet juga dapat mempengaruhi tingkat kebutuhan masyarakat terutama di kalangan mahasiswa. Perubahan lingkungan sosial dan tatanan kehidupan mahasiswa mengubah pola hidup para mahasiswa. Salah satu perubahan yang terjadi adalah cara mahasiswa yang berbelanja dengan menggunakan online shop. Online shop merupakan sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa melalui internet sehingga pengunjung online shop dapat melihat barang-barang secara online. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan fenomena online shop di kalangan mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta, 2) mendeskripsikan apa saja faktor pendorong yang mahasiswa Pendidikan Sosiologi Untirta berbelanja menggunakan online shop, 3) mendeskripsikan dampak positif dan negatif dalam penggunaan online shop pada mahasiwa Pendidikan Sosiologi Untirta. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan ialah human instrumen yang dilengkapi dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik pengodean data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena berbelanja online shop merupakan sistem belanja baru yang telah marak digunakan dikalangan mahasiswa sebagai generasi muda yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Selain sistem belanja online yang memudahkan mahasiswa untuk berbelanja, ada faktor pendorong lain seperti, sistem penjualan online shop yang cukup praktis dan efisien, memiliki nilai ekonomis dengan harga barang yang relatif lebih murah, banyak menawarkan berbagai macam promo diskon atau gratis ongkir, penyediaan barang yang lengkap dan bervariasi. Pemilihan berbelanja online shop yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan sosiologi merupakan bentuk tindakan rasionalitas, hal tersebut disadari bahwa berbelanja menggunakan online shop dapat menjadi salah satu alat (mean) yang mahasiswa gunakan untuk mencapai tujuan (ends) dalam memenuhi kebutuhannya dengan berbagai dampak positif maupun negatif yang didapatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, HaryonoUNSPECIFIED
Additional Information: NINDY AINIDEWI. 2290142492. The Phenomenon of Online Shop Shopping Among Sociology Education Students Untirta. Sociology Education Teacher Training and Education Faculty of Sultan Ageng Tirtayasa University. Supervisor I: Ujang Jamaludin, M.Si., M.Pd. Supervisor II: Haryono, M.Si. Changes in communication technology that are very fast and globalize has mad significant changes. Internet social networks can also infulence the level of community needs especially among students. Changes in the social enviroment and the other of life of students change the lifestyle of students. One of the changes that accors is the way students shop using an online shop or online store. Online shop is a facility or store to offers goods and service through the internet so that online shop visitors can few items online. The purpose of this study: 1) to describe the phenomenon of online shop among Untirta Sociology Education students. 2) describe what are driving factors for students Untirta Sociology Education shop using an online shop. 3) describing the positive and negative effects of using an online shop at Untirta Sociology Education students. The research method used descriptive qualitative. The research instrument used was a human instrumen equipped with observation guidelines, interview guidelines and documentation. The prosedur for collecting data uses data coding tecniques. The results of this study indicate that the phenomenon of online shop shopping is a new shopping system that has been widely used among students as a young generation who always follow curent development. In addition to the online shopping system that makes it easy for students to shop, there are other driving factors such as, online shop sales systems that are quite practical and efficient, have economic value with relativaly cheaper goods prices, many offers a variety of discount promoes of free shipping, the supply of goods that are complete and variate. The choice of online shop shipping dont by Sociology Educations students is a form of rasionality, it is realized that using an online shop can be one of the tools (mean) that students use to reach their ands in meating their needs with various positive and negative impacts obtained.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Nov 2021 12:48
Last Modified: 16 Nov 2021 12:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/7156

Actions (login required)

View Item View Item